Waspadai Potensi Pelemahan Rupiah Hari Ini

Rabu, 12 April 2017 - 08:21 WIB
Waspadai Potensi Pelemahan Rupiah Hari Ini
Waspadai Potensi Pelemahan Rupiah Hari Ini
A A A
JAKARTA - Meski sempat tertekan, namun akhirnya laju rupiah dapat kembali menguat seiring masih melemahnya laju dolar Amerika Serikat (USD). Harapannya masih sama, di mana diharapkan penguatan dapat kembali terjadi pada pergerakan rupiah berikutnya.

"Apalagi dengan memanfaatkan masih melemahnya USD meski juga mewaspadai adanya potensi pelemahan," ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Reza memperkirakan, rupiah akan bergerak dengan kisaran di level support Rp13.370/USD dan resisten Rp13.269/USD.

Sementara, laju rupiah kemarin dapat kembali menguat seiring dengan imbas meningkatnya sejumlah harga komoditas yang dimotori harga minyak mentah dunia. Tercatat harga minyak WTI naik USD32 ke level USD53,40 per barel.

Begitupun dengan brent yang juga naik USD19 menjadi USD56,16. Kenaikan harga minyak tersebut selain seiring imbas meningkatnya kekhawatiran akan meningkatnya tensi geopolitik pascaserangan AS ke Suriah, juga adanya pemberitaan terkait permintaan Saudi Arabia kepada OPEC untuk melanjutkan pemangkasan produksi hingga enam bulan ke depan.

"Di sisi lain, USD juga mendapat tekanan dari melonjaknya JPY pascaimbas serangan tersebut. Ditambah lagi, adanya sikap reaktif yang ditunjukan Korea Utara yang bersiap-siap jika negaranya diserang seperti Suriah oleh AS sehingga meningkatkan permintaan akan safe haven currency," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8188 seconds (0.1#10.140)