PT Pegadaian Bidik Pasar Haji di Yogyakarta

Rabu, 03 Mei 2017 - 02:02 WIB
PT Pegadaian Bidik Pasar Haji di Yogyakarta
PT Pegadaian Bidik Pasar Haji di Yogyakarta
A A A
YOGYAKARTA - Tingginya minat masyarakat Yogyakarta beribadah haji ataupun umrah membuat sejumlah perusahaan pembiayaan berlomba menawarkan pembiayaan ibadah haji dan umrah. Tak terkecuali PT Pegadaian yang kembali menggenjot outstanding pembiayaan ibadah haji mereka.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini tengah gencar melakukan sosialisasi melalui berbagai kegiatan. Diantaranya melakukan road show seminar di setiap kabupaten/kota di wilayah ini. Harapannya agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas ini ketika mengetahui keunggulannya.

Manager Penjualan PT Pegadaian Cabang Yogyakarta, Ratna Komalasari mengungkapkan, produk pembiayaan haji yang dimiliki PT Pegadaian memang telah berubah. Setelah pemerintah menandaskan tidak diperbolehkan mengeluarkan dana talangan haji, maka pihaknya melakukan inovasi produk pembiayaan haji yang sebelumnya sudah ada.

"Basisnya memang masih gadai dan kami beri nama Arrum Haji," tuturnya di kantornya, Selasa (2/5/2017).

Arrum Haji kini menjadi salah satu produk Arrum yang mereka miliki. Karena komposisi dari Arrum Haji kini hampir sejajar dengan dua Arrum lainnya, Arrum Emas dan Arrum BPKB. Meski baru kembali digenjot dalam dua tahun terakhir, tetapi setiap bulan menunjukkan peningkatan jumlah nasabah.

Retno menjelaskan, produk Arrum Haji kali ini memiliki berbagai kelebihan. Karena syarat Arrum Haji memberikan fasilitas pada nasabah untuk berhaji hanya dengan membawa emas seharga Rp7 juta atau logam mulia 15 gram emas, bahkan juga bisa perhiasan 18 karat seberat 20 gram. Dengan membawa emas tersebut maka nasabah bisa mendapatkan dana haji sebesar Rp25 juta.

Barang itu nanti ditiipkan di Pegadaian dan akan mendapatkan kursi haji melalui pinjaman Rp25 juta. Tenor yang diberikan PT Pegadaian kepada nasabah yang ingin melunasi cukup bervariasi, mulai 1 hingga 5 tahun, disesuaikan dengan kemampuan nasabah.

Angsuran yang dibebankan juga cukup terjangkau sehingga tidak memberatkan. "Minatnya cukup tinggi, bisa puluhan setiap bulannya," tambahnya.

Salah satu staf PT Pegadaian Yogyakarta, Nurul mengatakan, untuk menggenjot penetrasi produk ini, pihaknya gencar melakukan road show ke berbagai daerah. Tanggal 12 Mei nanti, pihaknya membidik Bantul sebagai lokasi road show seminar Arrum Haji ini. Karena memang minat masyarakat Bantul untuk berhaji cukup tinggi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5132 seconds (0.1#10.140)