Penjualan Bir secara Global Makin Mengering

Senin, 05 Juni 2017 - 11:50 WIB
Penjualan Bir secara Global Makin Mengering
Penjualan Bir secara Global Makin Mengering
A A A
LONDON - Penjualan bir global semakin mengering, seiring makin sedikitnya orang mengkonsumsi minuman beralkohol berdasarkan laporan industri terbaru yang memantau tingkat konsumsi di seluruh dunia. Tercatat penjualan bir terus merosot dari tahun lalu dan kecenderungan sider (minol dari sari buah apel) cenderung mendatar.

Seperti dilansir BBC, Senin (5/6/2017) pasar global untuk semua minuman beralkohol berkontraksi 1,3% pada tahun 2016, didorong oleh penjualan bir yang jatuh mencapai sebesar 1,8% menurut catatan International Wine and Spirits Record (IWSR). Penjualan sider juga turun 1,5%, meski beberapa tahun sempat menunjukkan pertumbuhan.

Penurunan penjualan alkohol secara keseluruhan internasional jauh lebih besar dari rata-rata 0,3% dalam lima tahun terakhir. Laporan IWSR untuk tahun 2016 menunjukkan penjualan wine relatif mendatar dengan penyusutan mencapai 0,1% ketika konsumsi sider justru tumbuh tipis 0,3%.

Sementara itu, produsn gin di Inggris percaya diri bisa mendorong kebangkitan, ketika penjualan gin ikonik mereka secara global meningkat 3,7%. Meskipun GDP global pada tahun 2016 mengalami kenaikan 3,5%, menurut data IMF, dan pertumbuhan ekonomi biasanya berkorelasi dengan kenaikan konsumsi minol.

Namun perekonomian negara-negara besar seperti China, Rusia dan Brazil saat ini semuanya mengalami perlambatan atau resesi. Penjualan bir di China sendiri berkurang 4,2%, di Brazil turun 5,3% dan di Rusia melorot 7,8%. Hal ini menjadi pukulan telah bagi produsen, mengingat minuman beralkohol telah berbudaya di negara tersebut.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7004 seconds (0.1#10.140)