Kemenhub Tingkatkan Pemerataan Infrastruktur Transportasi Darat

Rabu, 05 Juli 2017 - 23:18 WIB
Kemenhub Tingkatkan Pemerataan Infrastruktur Transportasi Darat
Kemenhub Tingkatkan Pemerataan Infrastruktur Transportasi Darat
A A A
JAKARTA - Pembangunan infrastruktur perhubungan darat merupakan salah satu upaya pemerintah yang untuk meningkatkan pemerataan dan penyebaran pembangunan nasional di seluruh wilayah Tanah Air.

Hal tersebut agar terjadi keselarasan dan keserasian laju pertumbuhan antar daerah serta memperkuat kesatuan nasional melalui interkonektivitas perekonomian antar wilayah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengatakan, agar faktor kenyamanan terminal dapat ditingkatkan sehingga dapat menarik minat masyarakat menggunakan moda bus dalam perjalanannya.

"Saya harap pengelola Terminal Cilacap memperhatikan kondisi fasilitas utama dan penunjang terminal terutama kebersihan, ketertiban, kenyamanan, dan keamanan serta melakukan pemeliharaan terhadap fasilitas terminal secara baik," ujar Pudji dalam rilisnya saat meresmikan Terminal Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (5/7/2017).

Menurutnya, ini tugas dan tanggung jawab bersama untuk mewujudkan transportasi yang aman, selamat, dan nyaman bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kementerian Perhubungan terus berupaya meningkatkan aspek keselamatan dan keamanan serta meningkatkan kualitas pelayanan melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur transportasi jalan, serta pengawasan dan penegakan peraturan secara konsisten.

Pudji juga mengatakan bahwa kondisi pelayanan jasa transportasi khususnya pelayanan terminal angkutan jalan di berbagai daerah pada masa transisi dari Pemda ke pemerintah pusat saat ini masih belum optimal.

"Untuk itu, melalui amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Pemerintah Pusat akan bersinergi dengan Daerah untuk terus memperbaiki dan membenahi pelayanan terminal. Sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengguna transportasi yang lebih baik," tutur dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6228 seconds (0.1#10.140)