Pertamina Tambah Pasokan Avtur di Kalimantan Tiga Kali Lipat

Kamis, 27 Juli 2017 - 22:48 WIB
Pertamina Tambah Pasokan...
Pertamina Tambah Pasokan Avtur di Kalimantan Tiga Kali Lipat
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI Kalimantan melakukan penambahan pasokan avtur di dua bandara Kalimantan yang melaksanakan keberangkatan Jemaah Haji total 5.057 KL. Kedua bandara tersebut adalah Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan dan Bandar Udara Syamsudin Noor, Banjarmasin.

Area Manager Communication and Relation Pertamina Kalimantan, Alicia Irzanova mengatakan, peningkatan pasokan yang lebih banyak ini merupakan antisipasi Pertamina terhadap perubahan pesawat yang digunakan untuk mengangkut Jemaah Haji dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Di mana pada tahun lalu pesawat yang digunakan Airbus 330. Sementara tahun ini menggunakan pesawat Boeing – 747 yang memiliki kebutuhan avtur lebih besar. Di mana penerbangan pertama Jemaah haji dari Balikpapan direncanakan pada 30 Juli 2017.

“Peningkatan pasokan avtur di Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin untuk mengantisipasi dua hal. Pertama, penambahan kloter penerbangan sebanyak 3 kloter dibanding tahun lalu. Kedua, tahun ini penerbangan Jemaah Haji dari Banjarmasin langsung ke Jedda, Arab Saudi. Sehingga, pengisian full dilakukan di Banjarmasin. Sementara di tahun lalu penerbangan terlebih dahulu transit di Batam sehingga tidak sepenuhnya kebutuhan avtur dipenuhi dari Banjarmasin,” ujarnya, dalam keterangan pers kepada SINDOnews, Kamis (27/7/2017).

Pertamina memasok tambahan avtur di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan sebanyak total 2.347 KL atau meningkat 120% dibandingkan pasokan pada 2016 sebesar 1.017 KL. Tambahan pasokan avtur tersebut terbagi menjadi dua fase, yaitu fase satu atau fase keberangkatan sebanyak 595 KL dan fase dua atau fase kepulangan sebanyak 1.752 KL. DPPU (Depot Pengisian Bahan Bakar Pesawat Udara) Sepinggan akan melayani total 13 kloter selama musim haji 2017.

DPPU Sepinggan Balikpapan secara regular memiliki konsumsi avtur sebesar 380 KL setiap hari. Atas sdanya penerbangan haji, estimasi konsumsi avtur fase satu atau fase keberangkatan akan mencapai 426 KL/hari, sedangkan fase dua atau fase kepulangan mencapai 515 KL/hari.

Penambahan avtur di Bandara Syamsudin Noor total 2.710 KL atau meningkat tiga kali lipat dibanding tahun lalu yang hanya menambah pasokan avtur sebanyak 887 KL untuk kebutuhan penerbangan haji baik kepergian dan kepulangan tahun 2017 di Bandar Udara Syamsudin Noor. Pasokan ini masing-masing sebanyak 1.355 KL baik untuk keberangkatan dan kepulangan.

DPPU Syamsudin Noor Banjarmasin secara regular, memiliki rata-rata konsumsi avtur sebesar 135 KL/hari. Adanya penerbangan haji, estimasi konsumsi avtur fase satu atau fase keberangkatan dan fase dua kepulangan akan mencapai 215 KL/hari.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2652 seconds (0.1#10.140)