Bea Cukai Gandeng Indonesia Eximbank Optimalkan Fasilitas Ekspor

Kamis, 03 Agustus 2017 - 14:37 WIB
Bea Cukai Gandeng Indonesia Eximbank Optimalkan Fasilitas Ekspor
Bea Cukai Gandeng Indonesia Eximbank Optimalkan Fasilitas Ekspor
A A A
JAKARTA - Untuk meningkatkan daya saing pelaku usaha berorientasi ekspor, pemerintah melalui Bea Cukai telah menggulirkan beberapa kebijakan berupa fasilitas di antaranya Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), dan Pusat Logistik Berikat (PLB).

Untuk memaksimalkan upaya peningkatan ekspor dalam negeri, Bea Cukai juga menggandeng Indonesia Eximbank, selaku lembaga penerbit penjaminan fasilitas-fasilitas yang diberikan Bea Cukai.

Dalam acara Business Gathering yang mengundang para pengusaha berorientasi ekspor, di Ritz Carlton, Kamis (3/8), Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi menyatakan bahwa kerja sama yang dijalin Bea Cukai dengan Indonesia Eximbank berupa penjaminan atas fasilitas Bea Cukai.

"Kami akan berupaya untuk memberikan kemudahan, kepastian, dan penjaminan yang murah pada perusahaan yang tergabung dalam kelompok fasilitas KITE," kata dia di Jakarta, Kamis (3/8/2017).
Bea Cukai Gandeng Indonesia Eximbank Optimalkan Fasilitas Ekspor

Menurutnya, dengan penjaminan yang murah dan mudah akan meningkatkan kinerja cash flow perusahaan tersebut dan menekan ongkos produksi. "Hasilnya, harga pokok produksi akan dapat turun juga yang akan membuat harga dan kualitas dapat bersaing di pasar internasional," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Direktur Indonesia Eximbank, Susiwijono Moegiarso menjelaskan bahwa aktivitas ekspor di Indonesia mengalami pertumbuhan tahun ini. Hal tersebut membuatnya optimis terhadap pertumbuhan ekspor Indonesia ke depannya.

"Pertumbuhan ekspor di Indonesia terjadi tidak hanya dari segi volumenya, tapi juga nilai ekspor. Maka dari itu kami yakin untuk memberikan pembiayaan penjaminan yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya," ujarnya.
Bea Cukai Gandeng Indonesia Eximbank Optimalkan Fasilitas Ekspor

Melihat hal tersebut, Indonesia Eximbank yang telah menggelontorkan dana sebesar Rp88,5 triliun di 2016, berencana untuk menetapkan target yang lebih tinggi pada 2017, yaitu sebesar Rp105 triliun.

Susiwijono menginginkan agar ekspor Indonesia dapat terus ditingkatkan karena saat ini ekspor dianggap sebagai salah satu pilar utama dalam pembangunan ekonomi nasional.

"Ke depannya acara Business Gathering akan secara rutin diadakan. Selain itu kerja sama antara Bea Cukai dan Indonesia Eximbank akan terus ditingkatkan guna memberikan asistensi dan dukungan terhadap pemanfaatan fasilitas yang diberikan Bea Cukai," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7158 seconds (0.1#10.140)