Kota Baru Meikarta Dikelilingi Enam Infrastruktur Prioritas Pemerintah

Kamis, 17 Agustus 2017 - 16:55 WIB
Kota Baru Meikarta Dikelilingi Enam Infrastruktur Prioritas Pemerintah
Kota Baru Meikarta Dikelilingi Enam Infrastruktur Prioritas Pemerintah
A A A
BEKASI - Mega proyek Meikarta sebagai sebuah kota terpadu berskala Internasional tengah dikembangkan oleh Lippo Group. Proyek yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat ini nantinya akan dikelilingi oleh enam proyek infrastruktur prioritas yang dibangun oleh pemerintah.

Chief Marketing Officer (CFO) Lippo Homes Jopy Rusli mengungkapkan, Meikarta berlokasi di tengah-tengah antara Jakarta dan Bandung. Proyek pertama yang akan hadir di tengah Kota Meikarta adalah Pelabuhan Patimban.

"Karena kita lokasinya di antara Jakarta dan Bandung, di tengah-tengahnya. Pertama, infrastruktur Patimban Deep Sea Port. Kalau Pelabuhan Tanjung Priok dulunya pelabuhan yang dangkal, sehingga kapal yang merapat ke Priok itu bukan kapal yang besar. Di Patimban itu deep sea port, kapal besar langsung bisa merapat dan ini akan membantu ekspor dan impor daerah sini. Enggak usah capek ke Priok," katanya di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (17/8/2017).

Proyek infrastruktur kedua, sambung dia, Bandara Internasional Kertajati yang akan rampung tahun depan. Sehingga, orang-orang yang tinggal di Meiakarta terlebih bekerja di pusat industri Cikarang tak perlu lagi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. "Kertajati akan memudahkan orang disini. Ini jadikan daerah sini seperti di Tokyo," imbuh dia.

Selanjutnya ada kereta cepat Jakarta-Bandung yang membuat perjalanan Jakarta dan Bandung hanya sekitar 39 menit. Posisi Meikarta yang berada di antara keduanya sangat tepat, karena orang yang tinggal di Meikarta hanya butuh waktu 20 menit untuk sampai Bandung atau sampai ke Jakarta. "Selain itu, LRT Jabodebek yang sebentar lagi jadi. LRT akan mempermudah orang datang kesini," tuturnya.

Masih menurut Jopi, di lokasi tersebut nantinya juga akan ada transportasi automated people mover atau Monorail yang dikembangkan oleh JICA. "Monorail ini akan masuk di tengah meikarta, dan monorail ini penyambung semua daerah industri disini. dia juga akan menyambung dari stopping point KA express, nyambung ke LRT, nyambung ke meikarta," ungkap dia.

Dia menambahkan, pemerintah juga tengah mengembangkan jalan tol layang (elevated toll road) Jakarta-Cikampek. "Jadi enam infra itu semua jadinya 2019-2020, dekat sekali. Tambah lagi, kalau ke Meikarta itu dari tol langsung nyampe. Karena kita punya direct toll access," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5074 seconds (0.1#10.140)