Keliling Semarang Naik BRT Hanya Rp8

Minggu, 03 September 2017 - 23:16 WIB
Keliling Semarang Naik BRT Hanya Rp8
Keliling Semarang Naik BRT Hanya Rp8
A A A
SEMARANG - Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang, Jawa Tengah, akan memberlakukan tarif khusus hanya Rp8, pada pengguna Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang pada 16-18 September mendatang.

Tarif khusus tersebut hanya diberlakukan bagi pengguna yang melakukan pembayaran dengan non tunai dengan menggunakan e-tiketing BRT, Kartu Semarang Hebat dan juga T-Cash. Masyarakat bisa berkeliling Kota Semarang sepuasnya dari koridor satu ke koridor lainnya.

Plt. Kepala BLU Trans Semarang Ade Bhakti mengatakan, tarif murah BRT diberikan dalam rangka HUT BRT Trans Semarang yang ke 8. Dikatakannya, tarif Rp8 diterapkan di semua koridor namun hanya berlaku pada pembayaran non tunai seperti melalui e-Ticketing BRT, Kartu Semarang Hebat dan T-Cash. BRT Trans Semarang sudah beroperasi selama delapan tahun dan memiliki enam koridor.

"Selama promo tarif murah BRT ini merupakan dua hari besar bagi dunia Perhubungan yakni pada 17 September yang merupakan hari Perhubungan Nasional dan tanggal 18 September, dimana launcing pertama kalinya BRT pada tahun 2009," katanya saat sosialisasi di Car Free Day di Jalan Pahlawan Kota Semarang, Minggu (3/9/2017).

Ia menambahkan, promo tersebut juga diberikan untuk semakin meningkatkan minat masyarakat menggunakan moda transportasi bus ketika bepergian, baik bekerja maupun ke sekolah. "Minat masyarakat saat ini sudah sangat baik, dan perlu kita tingkatkan terus," katanya.

Susilo salah satu pengguna BRT mengaku hampir setiap hari menggunakan moda transportasi, karena selain lebih murah juga sudah lebih nyaman. Hanya saja, kata dia, masih perlu terus ditingkatkan dalam hal pelayanan agar masyarakat semakin tertarik.

"Sejauh ini sudah baik tapi memang masih ada BRT yang ugal-ugalan, kadang juga masih lama menunggunya," kata warga Pydakpayung ini.

Sementara itu, pada sosialisasi tarif murah tersebut, juga disosialisasikan bus khusus pariwisata yang akan melayani wisatawan berkeliling Kota Semarang. Bus wisata itu menyita banyak perhatian masyarakat yang memadai Car Free Day. Karena penasaran dengan bus tingkat setinggi 4,2 meter itu, warga diizinkan untuk melihat ke dalam bus.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang M. Khadiq mengatakan, bus tersebut menurut rencana akan resmi diluncurkan pada 18 September mendatang. Saat ini, lanjutnya bus masih tahap uji coba. Ia mengatakan bus wisata tersebut akan digratiskan untuk masyarakat apabila mendapatkan subsidi penuh dari pemerintah.

"Kita akan lihat bagaimana animo masyarakat kalau memang dibutuhkan penambahan, tidak menutup kemungkinan akan ditambah, tapi itu baru bisa dilakukan di tahun 2018 mendatang," katanya.
(ven)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1619 seconds (11.97#12.26)