PLN Kembangkan Desa Wisata Belitung

Jum'at, 15 Desember 2017 - 14:52 WIB
PLN Kembangkan Desa Wisata Belitung
PLN Kembangkan Desa Wisata Belitung
A A A
TANJUNGPANDAN - PT PLN (Persero) mengembangkan desa wisata di Belitung dalam rangka memberdayakan masyarakat melalui program corporate sosial responsibility (CSR). PLN memberi bantuan pendanaan sebesar Rp50 juta dalam mengembangkan destinasi wisata alam masing-masing di Desa Wisata Kreatif Terong dan Desa Kuale Sijuk di Belitung.

Penanggung Jawab CSR Desa Terong, Iswandi mengatakan, pengembangan destinasi wisata alam di wilayah Belitung mengingat potensi alamnya yang besar meliputi agrowisata, kerajinan, hutan bakau maupun wisata pantai.

"Dulunya Desa Terong ini merupakan tambang timah yang tidak tergarap lagi melihat potensinya yang besar, ternyata masyarakat menyambut baik dan ikut terlibat untuk kegiatan perekonomian di desa ini," ujarnya di Desa Terong, Tanjung Pandan Belitung, Jumat (15/12/2017).

Dengan pengembangan desa tersebut masyarakat bisa lebih diberdayakan dan ikut andil menambah pendapatan mereka dari sebelumnya yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan.
"Pada akhirnya bisa menambah pendapatan masyarakat. Terutama para pemuda maupun ibu rumah tangga," imbuhnya.

Masyarakat seperti ibu-ibu rumah tangga berkreasi dengan membuat kerajinan tangan dan mengenalkan makanan khas yang dikelola dari hasil perkebunan agrowisata.

General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung Susiana Mutia menambahkan, bantuan perusahaan tersebut merupakan bentuk dukungan nyata perusahaan dalam pengembangan pariwisata di Belitung.

"PLN mendukung pariwisata Belitung tidak hanya dari kesiapan listrik tapi juga program-program CSR," ujar dia.

Dalam pelaksanaan CSR sektor pariwisata ini, PLN menggandeng stakeholder Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata Daerah setempat, Destination Management Organizational (DMO) serta para kepala desa maupun tokoh masyarakat setempat.

Nantinya, pengembangan dan pembinaan desa wisata tersebut akan didorong menjadi kawasan desa wisata green energi seperti halnya desa-desa lain di Indonesia yang didorong menjadi desa wisata berdasarkan potensi yang dimiliki.
(izz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1217 seconds (10.101#12.26)