PLN Gandeng Tujuh PTN Kembangkan Inovasi Ketenagalistrikan

Rabu, 28 Februari 2018 - 16:17 WIB
PLN Gandeng Tujuh PTN Kembangkan Inovasi Ketenagalistrikan
PLN Gandeng Tujuh PTN Kembangkan Inovasi Ketenagalistrikan
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menggandeng tujuh perguruan tinggi negeri (PTN) bekerja sama untuk mengembangkan potensi anak bangsa, terutama dalam hal inovasi di bidang ketenagalistrikan.

Ketujuh universitas itu adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Udayana (Unud).

Kerja sama tersebut meliputi tiga hal yaitu magang bersertifikat sesuai kompetensi bidang ketenagalistrikan, penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan, serta pembangkit merah putih dan diseminasi bidang ketenagalistrikan baik nasional maupun internasional.

"Alhamdulillah baru saja dilakukan penandatanganan kerja sama dengan tujuh universitas. Kerja sama ini adalah kelanjutan MoU beberapa waktu lalu," ujar Direktur Utama PLN Sofyan Basir di Jakarta, Rabu (28/2/2018).

Menurut Sofyan, kerja sama ini merupakan bentuk nyata kepedulian PLN dalam pemberdayaan sumber daya manusia dalam penelitian dan pengembangan bidang ketenagalistrikan Tanah Air yang juga menjadi keinginan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

"Semua itu harapan Menteri BUMN supaya ada kerja sama erat dengan universitas untuk pengembangan sumber daya manusia dan ketenagalistrikan dengan PLN," katanya.

Di tempat yang sama, Rini menambahkan, kerja sama yang apik antara PLN dengan tujuh perguruan tinggi ini merupakan langkah yang tepat, di mana BUMN sebagai agen perubahan berkewajiban untuk menciptakan kemandirian dan kemajuan bangsa melalui pemberdayaan para intelektual.

"Saya menyambut baik kerja sama seperti ini. Saya bahkan mendorong hal semacam ini juga dilakukan BUMN yang lain dengan melibatkan dunia pendidikan yang lebih banyak, sehingga link and match dunia pendidikan dan dunia usaha. Ini adalah sumbangsih nyata BUMN hadir untuk negeri," tutur dia.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5863 seconds (0.1#10.140)