Tahun 2019 Pelabuhan Ratu Diminta Telah Berfungsi Maksimal

Rabu, 04 April 2018 - 16:15 WIB
Tahun 2019 Pelabuhan Ratu Diminta Telah Berfungsi Maksimal
Tahun 2019 Pelabuhan Ratu Diminta Telah Berfungsi Maksimal
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan Pelabuhan Ratu sudah berfungsi secara maksimal pada tahun 2019. Hal itu disampaikan Menhub ketika melakukan peninjauan ke Pelabuhan Ratu Sukabumi, Rabu (4/4/2018).

"Saya minta kepada teman-teman di Sukabumi gunakan Pelabuhan Ratu ini semaksimal mungkin. Kita ingin pada tahun 2019 pelabuhan ini semarak dan berfungsi maksimal," ujar Menhub dalam keterangan resminya.

Pelabuhan Ratu akan dimaksimalkan untuk memudahkan konektivitas ke Jakarta. Pengiriman hasil bumi, hasil tambang, dan barang-barang lainnya akan menggunakan kapal atau tongkang dari Pelabuhan Ratu agar semakin efisien.

"Pakai kapal atau tongkang untuk mengantar hasil bumi, hasil tambang, dan mendatangkan barang barang tertentu ke sini lebih efisien. Karena bayangkan, satu tongkang itu bisa 100 ton bahkan sampai 7.500 ton. Kalau dengan truk hanya bisa 20 ton. Jadi, dengan tongkang akan lebih efisien," katanya.

Selain memudahkan konektivitas, Pelabuhan Ratu juga akan difokuskan untuk menjadi pelabuhan pariwisata pada saat akhir pekan. Terlebih dengan adanya objek wisata Geopark Ciletuh. Objek wisata tersebut dapat dijangkau dengan kapal selama 30 menit, diharapkan dapat membuat semarak Pelabuhan Ratu.

"Ada satu potensi yaitu Geopark Ciletuh, yang kalau naik kapal itu cuma 30 menit. Sabtu-Minggu itu digunakan untuk pelabuhan pariwisata. Untuk itu, saya minta kepada kepala dinas perhubungan kerja sama dengan kepala dinas pariwisata untuk mengumpulkan stakeholder pariwisata," ujarnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5150 seconds (0.1#10.140)