Demi Stabilkan Rupiah, BI Percepat Rilis Komodo Bond

Jum'at, 20 April 2018 - 20:50 WIB
Demi Stabilkan Rupiah, BI Percepat Rilis Komodo Bond
Demi Stabilkan Rupiah, BI Percepat Rilis Komodo Bond
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) segera mempercepat merilis komodo bond. Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan regulasi dan instrumen pembiayaan ini sudah selesai dibuat.

"Pasti akan kami keluarkam dalam waktu segera. Itu merupakan salah satu instrumen pembiayaan infrastruktur yang dikeluarkan oleh banyak korporasi, salah satunya adalah BUMN," ujar Dody di Gedung BI, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Dia mengatakan komodo bond ini akan menjadi sumber keuangam yang menguntungkan. Agar stabilitas keuangan tetap stabil dengan merilis komodo bond.

"Komodo bond ini dibuat dengan kehati-hatian. Prudential measures yang sama diterapkan pada utang luar negeri rupiah. ULN valas ini adalah kepada komodo bond untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiahnya," katanya.

Komodo Bond merupakan sebutan untuk surat utang atau obligasi rupiah terbitan institusi Indonesia yang dijual dan dicatakan di luar negeri (global IDR bond). Sebelumnya, lazimnya, korporasi dan pemerintah menjual obligasi dalam denominasi dolar AS di luar negeri (global USD bond).

Meskipun diterbitkan dalam denominasi rupiah, investor tetap akan menerima bunga dan pelunasan saat jatuh tempo dalam mata uang dolar AS (USD settlement) sesuai kurs rupiah-dolar saat pembayaran.

Komodo Bond berpotensi menjadi andalan baru pemerintah dan korporasi dalam negeri untuk menggali dana pembiayaan proyek-proyek infrastruktur.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3916 seconds (0.1#10.140)