19 Pengusaha Teknologi Terkaya di Planet Bumi

Kamis, 17 Mei 2018 - 07:41 WIB
19 Pengusaha Teknologi Terkaya di Planet Bumi
19 Pengusaha Teknologi Terkaya di Planet Bumi
A A A
NEW YORK - Penelitian media terkemuka Inggris, The Sunday Times, hampir seperlima dari 100 miliarder di dunia membangun keuntungannya dari bidang teknologi atau memiliki minat besar di sektor teknologi informasi. Dan melansir dari Business Insider, Kamis (16/5/2018), memuat 19 nama pengusaha teknologi terkaya di planet Bumi.

Dari 19 nama tersebut, beberapa sudah akrab di dengar pembaca, terutama para superstar Silicon Valley. Dan beberapa lagi datang dari Asia, terutama China yang sedang membangun imperium bisnis teknologi.

Menurut penelitian mereka, bila kekayaan 19 nama pengusaha ini disatukan maka lebih besar dari Pendapatan Domestik Bruto Swiss. Perusahaan mereka pun sangat berpengaruh di dunia. Berikut nama-mana 19 pengusaha teknologi terkaya di dunia dan kekayaan bersih mereka:

19. Zhang Zhidong (China)
Kekayaan bersih: USD15,8 miliar atau setara Rp222,66 triliun (kurs Rp14.093 per USD)
Salah satu pendiri perusahaan teknologi terbesar di China, Tencent Holdings. Pria kelahiran tahun 1972 ini, dikenal dengan nama akrab Tony Zhang. Selama 16 tahun, Zhang menjadi chief technology officer Tencent hingga tahun 2014.

18. Ding Lei (China)
Kekayaan bersih: USD17,5 miliar
Ding Lei atau lebih dikenal dengan nama William Ding, kelahiran 1971 merupakan pendiri NetEase di tahun 1997. Saat ini, NetEase menjadi salah satu bisnis game mobile terbesar di dunia.

17. Laurene Powell Jobs (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD18,9 miliar
Perempuan kelahiran 1963 ini adalah janda dari Steve Jobs, pendiri Apple. Alumnus Universitas Stanford ini, bersama mendiang suaminya ikut mendirikan Apple.

Setelah meninggalnya Steve Jobs, Laurene kini aktif di bidang sosial dengan mendirikan Emerson Collective, lembaga yang mengadvokasi masalah pendidikan, imigran, dan pelestarian lingkungan. Ia juga merupakan President of College Track, yang membantu anak-anak miskin untuk dapat kuliah.

16. Azim Hashim Premji (India)
Kekayaan bersih: USD18,9 miliar
Pengusaha asal India kelahiran 1945 ini, adalah lulusan dari Universitas Stanford Amerika Serikat. Sepulangnya dari AS, ia mengubah usaha orang tuanya dari bisnis makanan ke teknologi dengan bendera Wipro. Perusahaan ini merupakan IT outsourcing untuk Microsoft, Toshiba, dan ABB. Premji kini dikenal sebagai sultan industri IT di India.

15. Elon Musk (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD20 miliar
Elon bisa dibilang adalah Thomas Alfa Edison di abad milenium, karena ia merupakan seorang penemu, pebisnis, dan industrialis. Pria kelahiran Afrika Selatan tahun 1971 ini banyak membangun usaha sejak muda, mulai dari perangkat lunak Zip2, layanan transfer uang PayPal dan terkini adalah Tesla dan SpaceX.

Elon adalah CEO dari perusahaan mobil listrik Tesla dan SpaceX (Space Exploration Technologies) yang fokus mengembangkan teknologi untuk memproduksi wahana luncur antariksa.

14. Paul Gardner Allen (Amerika Serikat)

Kekayaan bersih: USD21,9 miliar
Lelaki kelahiran 1953 ini bersama dengan Bill Gates mendirikan Microsoft. Selain di Microsoft, kini Allen mendirikan Institute for Artificial Intelligence yang fokus pada pengembangan kecerdasan buatan.

13. Lee Kun-hee (Korea Selatan)

Kekayaan bersih: USD22,5 miliar
Pria kelahiran 1942 ini merupakan pemilik dari Grup Samsung. Ia adalah putra ketiga dari pendiri Samsung, Lee Byung-chul.

12. Michael Dell (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD22,8 miliar
Pendiri dan CEO dari Dell Technologies. Dell merupakan perusahaan teknologi swasta terbesar di dunia.

11. Masayoshi Son (Jepang)
Kekayaan bersih: USD22,8 miliar
Pria keturunan Korea ini adalah pendiri dan CEO SoftBank, perusahaan layanan teknologi terbesar di Jepang dengan nilai USD100 miliar. Kini Masayoshi merambah bisnisnya ke pembangkit listrik tenaga surya. Bahkan pada Maret lalu, ia mendapat proyek membangun jaringan tenaga surya 200 Giga Watt di Arab Saudi, sebagai bagian dari Visi Arab Saudi 2030.

10. Steve Ballmer (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD38,5 miliar
Mantan CEO Microsoft, dan bersama Bill Gates ikut membesarkan perusahaan perangkat lunak tersebut. Setelah 14 tahun menjadi CEO Microsoft, pada 2014, Ballmer memilih pensiun dan sekarang mengurus klub olahraga NBA Los Angeles Clippers.

9. Jack Ma (China)
Kekayaan bersih: USD39,2 miliar
Pendiri dan ketua eksekutif Alibaba Group. Alibaba adalah perusahaan e-commerce terbesar di China.

8. Pony Ma Huateng (China)
Kekayaan bersih: USD45,6 miliar
Ma Huateng adalah pendiri dan CEO dari Tencent, perusahaan teknologi terbesar di China. Berkat ini pula Ma dinobatkan sebagai orang terkaya di China.

7. Sergey Brin (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD47,2 miliar
Imigran Rusia ini bersama dengan sahabat kuliahnya, Larry Page mendirikan Google. Sergey sekarang menjabat presiden di induk perusahaan Google, Alphabet.

6. Larry Page (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD47,8 miliar
Bersama dengan Sergey Brin, Larry Page mendirikan Google. Ia adalah CEO pertama Google hingga tahun 2001.

5. Larry Ellison (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD58,8 miliar
Ellison mendirikan Oracle di tahun 1977, yang merupakan perusahaan pengembang sistem manajemen basis data. Sejak berdiri hingga sekarang, Larry Ellison tetap memegang tampuk sebagai chief technology officer di perusahaannya.

4. Carlos Slim Helú (Meksiko)
Kekayaan bersih: USD67,5 miliar
Setelah menguasai industri telekomunikasi di Meksiko, Helú menginvestasikan dana USD40 juta di Shazam. Perusahaan ini mengontrol layanan streaming musik di seluruh Amerika Selatan yaitu Claro Música.

3. Mark Zuckerberg (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD71,4 miliar
Pria kelahiran 1984 ini, mendirikan media sosial Facebook dari kamar asrama kuliahnya pada tahun 2004.

2. Bill Gates (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD90,5 miliar
Bill Gates beberapa kali dinobatkan sebagai pengusaha terkaya di dunia. Ia merupakan pendiri dari sistem perangkat lunak paling laris di dunia, Microsoft. Saat ini, Gates lebih aktif di bidang sosial bersama istrinya Melinda Gates.

1. Jeffrey Preston Bezos (Amerika Serikat)
Kekayaan bersih: USD112,6 miliar atau setara Rp1.586 triliun
Pria kelahiran 1964 ini merupakan pengusaha pertama di dunia yang menembus kekayaan bersih USD100 miliar. Jeff Bezos membangun bisnis e-commerce terbesar di dunia Amazon, yang menempatkannya sekarang sebagai pengusaha terkaya di planet Bumi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6209 seconds (0.1#10.140)