5 Pengusaha Keturunan Tionghoa Terkaya di Indonesia, Hartanya Bikin Melongo

Kamis, 18 Agustus 2022 - 21:50 WIB
loading...
5 Pengusaha Keturunan Tionghoa Terkaya di Indonesia, Hartanya Bikin Melongo
Nomor wahid dalam jajaran orang terkaya di Indonesia telah berdiri kokoh dua bersaudara keturunan Tionghoa, yakni Robert Budi dan Michael Hartono. Berikut kisah 5 pengusaha keturunan Tionghoa terkaya di Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Nomor wahid dalam jajaran orang terkaya di Indonesia telah berdiri kokoh dua bersaudara pengusaha keturunan Tionghoa , yakni Robert Budi dan Michael Hartono. Pemilik perusahaan rokok Djarum dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) itu tetap mempertahankan posisi teratasnya dalam daftar orang terkaya Indonesia.

Baca Juga: 5 Pengusaha Mie Instan Terkaya Indonesia, Nomor 1 Punya Harta Rp126,30 Triliun

Dua bersaudara Hartono telah bertengger di posisi pertama dalam 10 tahun terakhir. Menurut Prof Rhenald, keturunan China atau Tionghoa memiliki prinsip yang berbeda dengan perantau dari negara lain. Jika perantau Yahudi banyak yang menjadi ilmuan, perantau asal China lebih memilih menjadi pedagang.

Prof Rhenald Kasali juga menerangkan jika ada yang bertanya kenapa banyak keturunan Tionghoa yang sukses, hampir semua jawaban mengatakan kepercayaan dan kerja keras. Tak hanya itu, keturunan Tionghoa juga mendidik anak agar tidak hidup boros.

Baca Juga: Komunitas Pengusaha Tionghoa Memberikan Bantuan Pendidikan Yatim Piatu Karena Covid-19

"Kemudian, ilmu berdagang juga sudah diturunkan orang tua sejak kecil. “Jadi ada pekerjaan yang diberikan kepada orang yang dipercaya (yaitu anak),” ujar Prof Rhenald.

Keturunan Tionghoa juga dinilai lebih berani berinvestasi dalam jangka yang panjang. Namun, ada juga yang dinilai lebih perhitungan dan hidup hemat. Lantaran tekad dan kerja keras, berikut 5 daftar pengusaha keturuan Tionghoa terkaya di Indonesia:

1. Budi dan Michael Hartono

Nama Hartono bersaudara ini sudah menjadi langganan di dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Jumlah kekayaan dari pemilik saham mayoritas PT Bank Central Asia Tbk dan Djarum ini mencapai USD42,6 miliar atau setara dengan Rp612,25 triliun.

Robert Budi Hartono atau yang memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong, (lahir 28 April 1941) adalah seorang pengusaha Indonesia. Ia merupakan anak kedua dari pendiri perusahaan Djarum yaitu Oei Wie Gwan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1840 seconds (10.55#12.26)