Pelaku Industri Pengelasan Tingkatkan Produksi Manufaktur

Sabtu, 19 Mei 2018 - 03:15 WIB
Pelaku Industri Pengelasan Tingkatkan Produksi Manufaktur
Pelaku Industri Pengelasan Tingkatkan Produksi Manufaktur
A A A
JAKARTA - Dengan jumlah penduduk yang besar, Indonesia berpotensi mengembangkan SDM di bidang pengelasan yang mampu memenuhi kebutuhan industri. Industri manufaktur nasional membutuhkan sekitar 5.000 tenaga kerja bidang pengelasan setiap tahunnya. Tingkat kualifikasi yang dibutuhkan industri antara lain Welding Coordinator, Welder, Welding Inspector, dan Non-destructive Testing (NDT) personnel.

Kebutuhan industri ini dibahas dalam forum International Institute of Welding (IIW) Forum. Tahun ini, The 71st IIW Annual Assembly & International Conference 2018 (IIW 2018) akan digelar di Indonesia dan membuka peluang Indonesia menunjukkan kemampuan para pengelas Indonesia di tingkat dunia. Gelaran IIW 2018 akan diadakan pada 15-20 Juli 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali.

"IIW 2018 menjadi forum yang tepat bagi pengelas Indonesia untuk belajar mengenai teknik dan teknologi pengelasan terbaru. Pengetahuan yang didapatkan para peserta pada kegiatan ini, bisa disebarluaskan dan diimplementasikan dalam berbagai kompetisi pengelasan nasional," ujar Presiden Asosiasi Pengelasan Indonesia (API), Achdiat Atmawinata dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Untuk itu, ia mendorong anggotanya dan para pelaku industri pengelasan mengambil peran aktif dalam mengembangkan industri pengelasan Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti beberapa kegiatan IIW Forum.

"Indonesia sebagai tuan rumah semustinya bisa menjadi negara dengan jumlah delegasi terbesar. Kami berharap jumlah delegasi dari Indonesia masih akan terus bertambah, terutama untuk kategori Young Professionals dan International Conference," katanya.

Selama enam hari, para peserta akan berdiskusi mengenai perkembangan terbaru industri pengelasan, melalui berbagai sesi seperti General Assembly, Working Unit Session, International Conference, Plenary Sessions serta kegiatan pameran yang menghadirkan teknologi terbaru di bidang pengelasan.

Sampai saat ini, panitia mencatat jumlah peserta IIW 2018 telah mencapai 424 orang. Dari jumlah tersebut, negara-negara dengan jumlah delegasi terbesar adalah China (69 delegasi), Jerman (56 delegasi) dan Jepang (51 delegasi). Indonesia sendiri sampai saat ini akan diwakili oleh 37 delegasi.

Jumlah negara yang diperkirakan hadir pada IIW 2018 adalah 56 negara dengan jumlah peserta sekitar 1.000 orang. Peserta IIW 2018 dibagi dalam beberapa kategori antara lain Delegate, Expert and Observers; Young Professionals; Participant International Conference Only; Students (International Conference); dan Students (Annual Assembly).
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8796 seconds (0.1#10.140)