Susi: Produksi Ikan Indonesia Lebih Besar Dibanding China

Selasa, 22 Mei 2018 - 00:03 WIB
Susi: Produksi Ikan Indonesia Lebih Besar Dibanding China
Susi: Produksi Ikan Indonesia Lebih Besar Dibanding China
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan bahwa produksi ikan Indonesia terus meningkat. Bahkan mengalahkan beberapa negara Asia lainnya, seperti Vietnam, China dan Malaysia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti mengatakan, produksi ikan yang terus meningkat disebabkan kebijakannya dalam mengurangi kapal asing yang mencoba menangkap ikan di perairan Indonesia. Serta beberapa regulasi yang dibuat olehnya.

"Thailand turun, Vietnam juga, China turun. Data perekonomian Indonesia, dimana untuk sektor rill, surpus perdagangan adalah perikanan. Ini membuat produksi perikanan kita semakin meningkat setiap tahunnya," ujar Susi di Gedung KKP, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Dia pun mengintruksikan agar beberapa nelayan untuk mencoba menangkap ikan di beberapa perairan Indonesia, seperti di Papua yang memiliki jenis ikan dengan kualitas tinggi.

"Itu adaah kunci karena kita menjaga kedaulatan dan keberlangsungan. Sekatang di timur Indonesia seperti Papua, banyak ikan di sana, seperti kakap merah dan kerapu hingga 80 ribu ton yang dihasilkan," katanya.

Tidak hanya itu, dia menginginkan setiap Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Indonesia memiliki fasilitas landasan pacu alias runway pesawat. Tujuannya untuk mendukung aktivitas di sentra perikanan tersebut.

"Karena runway itu yang membawa kita ke dunia dan dunia kepada kita. Jalan di pulau 50 kilometer doesn't a bring to anywhere. Tapi 1 kilometer airport itu bisa membawa kita ke dunia dan dunia ke kita," tukasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8419 seconds (0.1#10.140)