Penumpang Meningkat, Bandara Soekarno Hatta Dimaksimalkan

Minggu, 03 Juni 2018 - 19:01 WIB
Penumpang Meningkat, Bandara Soekarno Hatta Dimaksimalkan
Penumpang Meningkat, Bandara Soekarno Hatta Dimaksimalkan
A A A
BANTEN - Jelang Angkutan Lebaran 2018, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengakui bahwa pertumbuhan penumpang yang menggunakan pesawat semakin tinggi. Karena itu, Menhub akan melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan sarana dan prasarana bersama para pemangku kepentingan terkait.

Prediksi rata-rata pertumbuhan penumpang kurang lebih 10% karena pertumbuhan ini terjadi di berbagai wilayah. Di Indonesia bagian timur, pertumbuhan penumpang lebih dari 15% dan Indonesia bagian barat 6-7%.

"Jadi rata-rata keseluruhannya sebesar 10%. Ini merupakan suatu pertumbuhan di atas rata rata dunia bahkan mungkin termasuk yang tertinggi," ujar Menhub seusai meninjau Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (3/6/2018).

Menhub mengatakan, prediksi jumlah penumpang selama 2 minggu di Indonesia bagian barat akan sebanyak 5,68 juta dengan pertumbuhan 10%. Jumlah tersebut dihitung dari periode 7 Juni sampai 24 Juni 2018. "Itu diukur berdasarkan jumlah kursi yang ada, biasanya seat itu relatif terpenuhi semua," lanjut Menhub.

Menhub pun menaruh perhatian terhadap moda transportasi udara dan berpesan harus mempersiapkan dengan baik. Menhub juga mengatakan bahwa kesiapan bandara sudah lebih bagus.

"Beberapa hal yang sudah dicek tentunya ada yang sifatnya umum di mana kesiapan bandara-bandara sudah lebih bagus bahkan kita mencatat ada 35 bandara yang dikontrol oleh Kemenhub dan 12 bandara yang dikontrol lebih detail oleh Airnav. Secara pelayanan, kami juga menurunkan tim untuk meneliti bandara di seluruh Indonesia," tuturnya.

Terkait penerbangan, Kemenhub juga memberikan penerbangan ekstra di Bandara Internasional Soekarno Hatta dan seluruh Indonesia. Menhub pun menugaskan Airnav untuk berkoordinasi dengan semua maskapai. Menhub juga berpesan bahwa para operator maskapai penerbangan harus sesuai dengan slot time yang diajukan.

Pada kesempatan yang sama, Menhub juga melakukan rampcheck pada salah satu pesawat. Menhub menuturkan bahwa sudah ada 400 pesawat yang telah dilakukan rampcheck.

"Rampcheck adalah suatu upaya yang kita lakukan dengan konsisten. Sudah ada 400 pesawat yang kita rampcheck dari 500 pesawat. Saya harapkan ini berjalan dengan baik. Saya minta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk segera menyelesaikan 90 pesawat dalam 1-2 hari," pungkas Menhub.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3921 seconds (0.1#10.140)