BI Resmikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo

Jum'at, 27 Juli 2018 - 20:08 WIB
BI Resmikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo
BI Resmikan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo
A A A
GORONTALO - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meresmikan gedung baru Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo pada Jumat (27/7), di Gorontalo. Peresmian dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo serta pejabat pemerintah dan lembaga daerah setempat.

Pembangunan gedung kantor yang baru, menjadi wujud komitmen Bank Indonesia dalam menjalankan peran di daerah secara lebih optimal, melalui penyediaan fasilitas yang lebih mendukung pelaksanaan tugas Bank Indonesia khususnya di bidang sistem pembayaran dan pengelolaan uang Rupiah.

"Dengan peresmian gedung kantor yang baru, fungsi dan pelayanan sistem pembayaran dan pengedaran uang Rupiah telah dapat dijalankan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo," ujar Perry dalam keterangan resmi, Jumat (27/7/2018).

Pada 15 Desember 2008 Bank Indonesia resmi membuka Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, untuk melaksanakan fungsi dan pelayanan advisory, pengembangan perekonomian dan UMKM serta komunikasi kebijakan di wilayah provinsi Gorontalo.

Dengan diresmikannya gedung baru, keberadaan Bank Indonesia di tengah masyarakat Provinsi Gorontalo semakin kokoh dan diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan ekonomi Provinsi Gorontalo.

Gorontalo memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, baik dari sisi pertanian, konstruksi, maupun pariwisata. Pada triwulan I 2018, pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo tercatat sebesar 6,19% (yoy). "Sektor pariwisata, khususnya pariwisata maritim Gorontalo, merupakan sektor yang potensial dan perlu dikembangkan secara maksimal," papar dia.

Sebagai mitra strategis pemerintah daerah, Bank Indonesia hadir antara lain untuk menjaga inflasi dalam level yang rendah dan stabil, menjaga stabilitas keuangan daerah, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan sektor riil serta UMKM.

Dengan mulai beroperasinya gedung kantor yang baru, KPw BI Provinsi Gorontalo telah melaksanakan fungsi lengkap kantor perwakilan BI di daerah, yang mencakup pula operasional sistem pembayaran dan pengelolaan uang Rupiah.

Dalam kesempatan yang sama, dilakukan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di bidang pendidikan, keagamaan dan kesehatan kepada Pondok Pesantren Al Khairaat, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Masjid Jami’ Baiturrahim dan Palang Merah Indonesia (PMI). Bantuan diserahkan dalam bentuk pemberian mushaf Alquran, komputer, BI Corner, ambulan dan perbaikan fasilitas wudhu.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5213 seconds (0.1#10.140)