Bank Indonesia Sebut Pemilihan Deputi Gubernur BI Melalui Sistem Meritokrasi

Senin, 13 Februari 2023 - 19:19 WIB
loading...
Bank Indonesia Sebut Pemilihan Deputi Gubernur BI Melalui Sistem Meritokrasi
Bank Indonesia menyambut baik pemilihan Deputi Gubernur BI. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyambut baik terpilihnya Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur BI. Hasil pemilihan ini melalui sistem meritokrasi.

"Bank Indonesia menyambut baik Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur BI terpilih yang akan mengemban tugas pada 2023-2028 mendatang," ungkap Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, di Jakarta, Senin (13/2/2023).



Menurut dia sistem pemilihan diterapkan pemilihan berdasarkan kompetensi dan kapabilitas terbaik yang dimiliki tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) dalam menjalankan amanat pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari laman BI, Filianingsih Hendarta, atau yang akrab disapa Fili, lahir di Surabaya pada tahun 1963. Dia menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang hukum Universitas Airlangga pada 1985.

Fili mengawali karirnya di BI pada tahun 1986 dan saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak 2019. Dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter periode 2013-2015, dan Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial periode 2015-2019.



Sebelum menjadi menjadi deputi, Fili telah selesai menjalankan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang dilaksanakan Komisi XI DPR RI. Komisi XI DPR pasca uji kelayakan dan kepatutan tersebut, secara musyawarah untuk mufakat memutuskan Filianingsih Hendarta sebagai Deputi Gubernur BI terpilih, menggantikan Dody Budi Waluyo yang masa jabatannya selesai pada April 2023.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2576 seconds (0.1#10.140)