PT Astra Tol Tangerang-Merak Raih Apresiasi Inovasi Koran SINDO

Senin, 13 Agustus 2018 - 23:23 WIB
PT Astra Tol Tangerang-Merak Raih Apresiasi Inovasi Koran SINDO
PT Astra Tol Tangerang-Merak Raih Apresiasi Inovasi Koran SINDO
A A A
JAKARTA - PT Astra Tol Tangerang-Merak meraih penghargaan Apresiasi Inovasi 2018 dari Koran SINDO untuk kategori Inovasi Produk dan Teknologi melalui alat timbang Weigh in Motion (WIM).

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti Sunarto Sastrowiyoto mengatakan, teknologi Weigh in Motion (WIM) sebagai solusi komprehensif dalam upaya pengendalian kendaraan overload, dan sudah diterapkan sejak tahun 2014.

"Kini kami memiliki 4 unit WIM yang terpasang pada Gerbang Tol Cilegon Barat, Cilegon Timur, Serang Barat dan Cikande. WIM dapat memprediksi umur jalan, mengevaluasi pemeliharaan serta perawatan perkerasan jalan secara periodik, juga dapat mengukur Vehicle Damage Factor (VDF)," ujar Sunarto, Senin (13/8/2018)

Sunarto mengungungkapkan bahwa implementasi timbangan elektronik berbasis WIM pertama di Indonesia yang dimiliki Astra Tol Tangerang-Merak mampu mereduksi umur jalan hingga 50% sebelum masanya.

Dengan adanya WIM, Astra Tol Tangerang-Merak mampu mengupayakan penertiban kendaraan overload yang diintegrasikan dengan sistem peralatan transaksi tol.

Kendaraan yang melintasi WIM akan secara otomatis ditimbang dan diketahui bobotnya. Jika melebihi kapasitas beban yang diizinkan akan diberi tiket khusus untuk keluar gerbang tol terdekat.

"Dengan demikian, diharapkan pengguna jalan menjadi lebih tertib dengan berkendara sesuai beban muatan kendaraan sehingga potensi pengurangan umur jalan kami akibat kendaraan overload menurun dan jalan kami pun terlindungi," ujar Sunarto.

Penertiban ini terbukti mampu menurunkan tingkat kecelakaan yang disebabkan karena kendaraan overload sebesar 76%, sejak diterapkan pada 2014.

Melalui inovasi ini, Astra Tol Tangerang-Merak menjadi yang pertama dan diharapkan dapat menjadi pendorong bagi pengelola jalan tol lainnya serta regulator dalam penerapan sistem timbangan elektronik, dan memberlakukan mekanisme pengaturan kendaraan overload yang terintegrasi dengan sistem jaringan jalan di Indonesia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7914 seconds (0.1#10.140)