Mandiri Group Perbaiki Layanan Bank dan Terjunkan Relawan ke Donggala

Senin, 01 Oktober 2018 - 23:32 WIB
Mandiri Group Perbaiki Layanan Bank dan Terjunkan Relawan ke Donggala
Mandiri Group Perbaiki Layanan Bank dan Terjunkan Relawan ke Donggala
A A A
JAKARTA - Bank Mandiri menerjunkan lebih dari 100 relawan untuk mendukung tanggap darurat bencana gempa dan tsunami di Donggala, Palu, Sulawesi Tengah. Relawan yang terdiri dari pegawai Bank Mandiri di berbagai daerah itu mendukung evakuasi dan penyiapan posko bantuan serta dapur umum di lokasi terdampak bencana.

Menurut Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, pengiriman relawan tersebut akan dilakukan secara bertahap dan bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kami turut berduka atas bencana yang terjadi wilayah Palu dan Donggala, sebagai bagian dari badan usaha milik negara kami akan terus hadir untuk memberikan bantuan penanganan bencana, terutama untuk mengurangi kesulitan masyarakat dalam memperoleh bahan makanan maupun tempat berlindung," kata Rohan di Jakarta, Senin (1/10/2018).

Terkait kondisi kantor layanan, bersasarkan pantauan hingga saat ini, terdapat 7 kantor layanan Bank Mandiri yang mengalami kerusakan. Bahkan 1 di antaranya, yaitu kantor cabang di Sigi tidak dapat digunakan.

Sementara itu, terkait dengan layanan elektronik Bank Mandiri, hingga saat ini tercatat sekitar 60 mesin ATM Bank Mandiri di wilayah Donggala dan Palu mengalami gangguan karena jaringan listrik terputus. "Kami telah menyiapkan sarana pendukung, dimana masyarakat dapat melakukan transaksi perbankan di cabang-cabang terdekat dari lokasi cabang yang terdampak gempa," ujarnya.

Sementara Direktur Risk Management and Compliance Mandiri Syariah Putu Rahwidhiyasa mengutarakan, Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) bersama LAZNAS BSM Umat mengirimkan Tim Medis dan Relawan ke Palu. "Kami berupaya untuk secepat mungkin memberikan bantuan berupa pengiriman Tim Medis dan relawan dari Makassar," kata Putu.

Tim Medis yang dikirim untuk saat ini terdiri atas empat orang dokter dan dua orang perawat. Selain tim medis, Mandiri Syariah berupaya mengirimkan bantuan logistik melalui jalan darat. Bantuan yang disiapkan antara lain makanan, tenda dan kebutuhan mendesak untuk membantu korban gempa.

"Kami juga telah menurunkan Tim Respon dari Makassar dan 20 orang relawan lokal dari Palu. Tentunya berkordinasi dengan rumah sakit untuk penugasan Tim Medis Mandiri Syariah dan pendataan kebutuhan korban" jelas Putu.

Mandiri Syariah mempunyai lima Kantor Cabang (KC) di Sulawesi Tengah yaitu KC Palu (Area), Palu Plaza, Tadulako, Sigi dan Parigi Moutong. "Dari lima Kantor Cabang tersebut tercatat KC Sigi menderita kerusakan paling berat. Adapun untuk layanan empat KC lainnya tetap diupayakan beroperasi berkoordinasi dengan wilayah Makassar," tambah Putu.

Mandiri Syariah berharap masyarakat Sulawesi Tengah tabah menghadapi musibah yang terjadi. Perseroan juga telah mendirikan shelter sebagai pusat kegiatan relawan dan posko kesehatan korban.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5398 seconds (0.1#10.140)