Sumber Rasa Umami (MSG) Bisa Jadi Alternatif Garam

Rabu, 03 Oktober 2018 - 13:37 WIB
Sumber Rasa Umami (MSG) Bisa Jadi Alternatif Garam
Sumber Rasa Umami (MSG) Bisa Jadi Alternatif Garam
A A A
JAKARTA - Sumber rasa Umami atau penyedap rasa monosodium glutamat (MSG) telah lama dikenal sebagai penambah cita rasa untuk makanan, sayangnya minimnya informasi akan hal ini membuat sebagian kalangan memiliki pandangan yang berbeda.

Hal tersebut disampaikan Kepala Departemen Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Dr. Ir. Annis Catur Adi, M.Si.

Menurut Dr. Annis kepada media, kurangnya informasi yang memadai mengenai sumber rasa umami ini membuat masyarakat cenderung khawatir.

“Kebanyakan penjelasan mengenai sumber rasa umami/MSG bukan dari ahlinya dan cenderung didasarkan pada pendapat pribadi yang akhirnya membuat masyarakat galau,” ujar Dr. Annis, Sabtu (01/09).

Dr. Annis menambahkan bahwa layaknya penambah cita rasa lain seperti garam, MSG sumber rasa umami masuk dalam bahan tambahan pangan GRAS (generally recommended as safe) yang artinya aman bila dikonsumsi dengan cara yang benar. Terlebih sumber rasa umami atau MSG memiliki kandungan natrium yang lebih rendah dibandingkan garam.

Natrium sendiri merupakan kandungan pangan yang bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan risiko hipertensi dan bahkan kematian terhadap konsumen yang memiliki penyakit kardiovaskuler.

“Salah satu pemicu hipertensi adalah natrium dan tinggi rendahnya dapat memicu tekanan darah dalam tubuh,” ujar Dr. Annis, menambahkan bahwa sumber rasa umami atau penyedap rasa dapat menjadi salah satu cara untuk diet natrium.

“Dalam takaran yang sama, komposisi natrium dalam monosodium glutamat (MSG) itu lebih rendah, yaitu 12 persen, sementara garam sekitar 40 persen,” imbuhnya.

Dari segi rasa, Dr. Annis menuturkan bahwa satu pucuk sendok the MSG sumber rasa umami yang mengandung 12 persen natrium memiliki rasa yang setara dengan satu sendok the garam yang mengandung 40 persen natrium.

“Untuk menekan penggunaan natrium dengan tetap meningkatkan cita rasa, makasalah satunya adalah dengan penambahan sumber rasa umami yang diwujudkan dalam bentuk produk monosodium glutamat (MSG),” ujarnya mengenai penggunaan sumber rasa umami (MSG) sebagai salah satu alternatif garam.

“Jadi artinya dengan memberikan monosodium glutamat (MSG) dapat menekan penggunaan garam namun dapat meningkatkan cita rasa makanan yang dikonsumsi.”

Dari takaran penggunaan, lebih lanjut Dr. Annis mengatakan bahwa tubuh manusia memiliki mekanisme yang disebut self limiting sehingga kita bisa menakar sendiri penggunaan penyedap rasa dengan menyicipinya sesuai seleralayaknya penggunaan garam, gula atau merica.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4270 seconds (0.1#10.140)