IMF-World Bank Annual Meetings Beri Angin Segar ke Pelaku Pasar

Minggu, 07 Oktober 2018 - 18:53 WIB
IMF-World Bank Annual Meetings Beri Angin Segar ke Pelaku Pasar
IMF-World Bank Annual Meetings Beri Angin Segar ke Pelaku Pasar
A A A
JAKARTA - Penyelenggaraan IMF-World Bank Annual Meetings pada 8-14 Oktober 2018 di Nusa Dua, Bali, dinilai memberi angin segar bagi pelaku pasar, terutama dengan adanya pembahasan mengenai arah kebijakan moneter global dan upaya pencegahan terhadap krisis ekonomi.

Ekonom Indef Bhima Yudhistira mengatakan, penyelenggaran pertemuan tahunan IMF-World Bank tersebut bahkan bisa menggairahkan investasi di dalam negeri.

"Sebagai tuan rumah, terdapat beberapa program kerja sama investasi yang akan ditawarkan pada delegasi dari 189 Negara peserta rapat tahunan," ujarnya di Jakarta, Minggu (7/10/2018).

Bhima menjelaskan, dari faktor domestik, pelaku pasar menunggu rilis data neraca perdagangan bulan September 2018 yang rencananya akan dirilis sekitar tanggal 16 Oktober mendatang.

Kemudian, tekanan pada defisit migas yang melebar hingga Agustus tercatat sebesar USD8,3 miliar atau naik USD3 miliar dibanding posisi yang sama tahun lalu.

Karena itu, Bhima menambahkan, IHSG dibayangi aksi jual oleh investor asing. Net sales asing dalam seminggu terakhir mencapai Rp2,39 triliun di pasar saham. "Performa IHSG dalam seminggu terakhir menurun 4,09%. Koreksi masih berlanjut hingga pekan depan," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6557 seconds (0.1#10.140)