Percepat Peningkatan Kualitas SDM, Pemda Harus Gandeng Swasta

Rabu, 21 November 2018 - 18:18 WIB
Percepat Peningkatan...
Percepat Peningkatan Kualitas SDM, Pemda Harus Gandeng Swasta
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri, meminta kepada pemerintah daerah untuk menggandeng sektor swasta melakukan investasi SDM di daerahnya. Dukungan investasi dari pihak swasta sangat diperlukan untuk membantu percepatan peningkatan kualitas SDM.

Hanif menilai investasi SDM dari sektor swasta di Indonesia masih sangat rendah. Padahal, sektor swasta tersebutlah yang pada akhirnya membutuhkan SDM kompeten.

"Oleh karena itu, saya meminta kepada kepala daerah untuk mendorong dunia usaha untuk berpartisipasi berinvestasi SDM," kata Hanif disela-sela penyerahan Penganugerahan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan 2018 (INTEGRA 2018) di Ruang Tridharma Kemnaker, Jakarta, Senin (19/11/2018).

Hanif menyebut, selain memastikan memastikan angkatan kerja memiliki skill yang baik, pemerintah daerah juga harus memastikan skill-nya cepat berubah. “Karena peningkatan meningkatkan keterampilan sangat penting dalam upaya mengikuti perkembangan zaman," katanya.

Guru Besar Manajemen Universitas Indonesia, Rhenald Kasali dalam acara ini menjabarkan bahwa gelombang shifting melanda di semua sektor. Termasuk di sektor ketenagakerjaan. Karena itu, seluruh pihak, termasuk pemerintah dan para pemimpin di daerah harus membaca arah perkembangan teknologi.

Rhenald Kasali menyebut, pekerjaan-pekerjaan yang kita kenal pada abad ke-20, perlahan-lahan akan digantikan oleh pekerjaan-pekerjaan baru berbasis teknologi. Oleh karena itu, agar memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan di era teknologi, masyarakat harus melakukan upskilling dan retraining tenaga kerja. “Kuncinya dua hal itu, upskilling dan reetraining tenaga kerja. Sebab jika tidak, kemampuan tenaga kerja akan tertinggal,” terangnya.

INTEGRA 2018 merupakan ajang penghargaan kepada daerah-daerah di Indonesia yang berhasil meraih nilai tertinggi, dengan mengukur 9 Indikator Utama dan 22 Sub Indikator Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan. Ada 19 kategori penghargaan yang diserahkan Kementerian Ketenagakerjaan kepada 13 pemerintah daerah dalam acara tersebut.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)