Realisasi Pajak Hotel Salatiga 2018 Melampaui Target

Rabu, 12 Desember 2018 - 23:39 WIB
Realisasi Pajak Hotel Salatiga 2018 Melampaui Target
Realisasi Pajak Hotel Salatiga 2018 Melampaui Target
A A A
SALATIGA - Pedapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak hotel yang diterima Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga, Jawa Tengah, dari sejumlah hotel hingga akhir November lalu tercatat mencapai Rp5,6 miliar. Angka ini sudah melampaui target yang ditetapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga sebesar Rp5 miliar.

Kepala BKD Kota Salatiga, Adhi Isnanto, mengatakan realisasi pajak hotel masih akan bertambah karena pajak periode Desember baru disetorkan ke BKD pada akhir bulan nanti.

"Periode Desember masih berjalan. Sehingga pajak hotel masih akan bertambah. Alhamdulillah hingga November lalu, setoran pajak hotel sudah melebihi target," katanya, Rabu (12/12/2018).

Selain pajak hotel, kata Adhi, PAD dari sektor pajak yang diprediksi melebihi target adalah pajak restoran. Hingga akhir November lalu, setoran pajak restoran yang diterima BKD sudan diangka Rp4,7 miliar.

"Pajak restoran targetnya Rp4,9 miliar. Jadi masih kurang Rp200 juta. Saya optimis, pada akhir Desember realisasi pajak restoran bisa melebihi target," ujarnya.

Menurut dia, tingginya pendapatan dari sektor pajak hotel dan restoran tak lepas dari peran serta Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Kota Salatiga. Disisi lain, juga tak lepas dari peran para pelaku usaha restoran, rumah makan dan perhotelan di Salatiga yang turut serta berperan aktif mensosialisasikan penerapan pajak hotel dan restoran sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Kota Salatiga Nomor 11 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah kepada masyarat.

"Upaya yang dilakukan PHRI untuk menarik wisatawan berkunjung ke Salatiga berkontribusi kepada peningkatan pajak hotel dan restoran. Kami ucapkan terimakasih kepada PHRI dan pelaku usaha di Salatiga yang telah ikut berperan dalam peningkatan PAD," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4591 seconds (0.1#10.140)