Menkominfo Klaim Dana Asing Tak Pengaruhi Unicorn RI

Senin, 28 Januari 2019 - 14:43 WIB
Menkominfo Klaim Dana Asing Tak Pengaruhi Unicorn RI
Menkominfo Klaim Dana Asing Tak Pengaruhi Unicorn RI
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menepis anggapan bahwa masuknya investor luar negeri ke empat usaha rintisan (startup) unicorn Indonesia sama dengan dikuasainya perusahaan-perusahaan tersebut oleh asing.

Rudiantara menilai pola pikir bahwa pendanaan investor serta merta menjadikan unicorn lokal dikuasai asing sebagai pola pikir konvensional. Menurut Rudiantara, status para penyuntik dana untuk perusahaan rintisan ini hanyalah financial investor. Investor raksasa dari mancanegara ini, menurut menkominfo hanya memberikan dana saja, namun tidak ikut campur dalam manajemen perusahaan.

"Setahu saya mereka masuk itu sebagai financial investor, jadi uangnya yang masuk, tapi mereka enggak masuk ke manajemen, paling banter juga dapat (jabatan) komisaris ," ujar Rudiantara di Jakarta, Senin (28/1/2019).

Menkominfo menambahkan, tidak akan ada pengendalian oleh asing, karena para investor yang menanamkan modalnya di startup unicorn Indonesia tidak ada yang memiliki saham hingga dua digit. "Saya tahu persis, tidak ada investor yang punya saham double digit, semua single digit. Tidak ada pengendalian asing," tegasnya.

Menurut dia, hal tersebut memang sudah didesain sedemikian rupa agar para investor asing tersebut tidak memiliki kontrol kepada perusahaan. "Memang didesain demikian sehingga mereka tidak ada kontrol. Seperti di Alibaba kan begitu, uangnya boleh saja masuk," pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6959 seconds (0.1#10.140)