Kementan Tingkatkan Kapasitas Daya Saing Mahasiswa Polbangtan Manokwari

Rabu, 13 Februari 2019 - 02:32 WIB
Kementan Tingkatkan...
Kementan Tingkatkan Kapasitas Daya Saing Mahasiswa Polbangtan Manokwari
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman selalu menekankan pentingnya regenarasi petani. Salah satu terobosannya dengan menjadikan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yang bertaraf internasional.

Untuk itu, Kementerian Pertanian (Kementan) terus meningkatkan daya saing petani milenial Indonesia melalui kerjasama Polbangtan Manokwari di Papua Barat dengan enam perusahaan di bidang pangan.

"Kerjasama didesain untuk meningkatkan kapasitas daya saing melalui praktik teaching farm, kerja lapang, penelitian dan pengabdian masyarakat, pengembangan agrowisata dan ekspor tanaman hias hingga rekrutmen tenaga kerja," ungkap Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Momon Rusmono, Selasa (12/2/2019).

Momon menyebutkan kerjasama yang dilakukan antara lain praktik kerja lapang food processing dengan PT Sayuran Siap Saji, kerjasama dengan PT Medion Farma Jaya untuk praktik teaching farm di bidang peternakan dan kesehatan hewan hingga rekrutmen tenaga kerja dan kerjasama dengan PT Salsabila Nuresery untuk praktik kerja lapang di bidang pembibitan dan pemasaran ekspor tanaman hias.

"Kemudian, kerjasama dengan PT Usaha Bunga Nusantara untuk praktik kerja lapang pembibitan, budidaya tanaman dan agrowisata dan kerjasama Teaching farm dan praktik kerja lapang di bidang peternakan antara lain pengolahan pakan ternak, pembibitan dan rumah potong hingga rekruitmen tenaga kerja dengan PT Cheil Jedang perusahaan Korea yang bergerak di bidang peternakan," sebut Momon.

Direktur Polbangtan Manokwari, Purwanta, menekankan kerjasama pendidikan ini bertujuan menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kompetensi dunia industri. Kerjasama Praktek Kerja Lapang (PKL), magang, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Kerjasama di berbagai perusahaan diharapkan mahasiswa Tani Milenial Polbangtan Manokwari bisa mempelajari sistem kerja di perusahaan sebagai modal kedepan sebagai pengusaha sukses di bidang pangan," pungkas Purwanta.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)