Prabowo Sebut Unicorn Bisa Bawa Kabur Uang Indonesia

Minggu, 17 Februari 2019 - 23:23 WIB
Prabowo Sebut Unicorn Bisa Bawa Kabur Uang Indonesia
Prabowo Sebut Unicorn Bisa Bawa Kabur Uang Indonesia
A A A
JAKARTA - Industri startup di Indonesia kian berkembang, bahkan beberapa diantaranya telah menjelma sebagai unicorn alias perusahaan startup yang memiliki kapitalisasi di atas USD1 miliar.

Pengembangan unicorn dalam memajukan ekonomi nasional pun menjadi salah satu materi dalam Debat Calon Presiden edisi kedua di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019). Terkait hal ini, Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo bertanya kepada pesaingnya Prabowo Subianto dalam pengembangan unicorn di Indonesia.

Dalam tanggapan awal, Prabowo menjawab "Unicorn itu yang online online itu yah," kata Prabowo. Jokowi Tanya Unicorn, Prabowo: Maksudnya Online-online Itu?

Jokowi lantas memaparkan bahwa 4 dari 7 unicorn di Asia Tenggara berasal dari Indonesia. Jokowi lantas memaparkan program pengembangan untuk kemajuan perusahaan startup di Indonesia, dengan regulasi yang ketat dan kesiapan sumber daya manusia.

Terkait ini, terjadi perbedaan pendapat antara kedua calon presiden. Prabowo mengatakan keberadaan unicorn akan mempercepat larinya uang Indonesia ke luar negeri.

"Jadi kalau ada unicorn saya khawatir mempercepat dan membuat uang-uang kita lari ke luar negeri. Silakan anda ketawa tapi ini masalah bangsa. Menteri bapak sendiri mengatakan bahwa ada Rp400 triliun uang Indonesia di luar negeri," ujarnya.

Prabowo mengaku tidak pesimis terhadap perkembangan teknologi termasuk perusahaan startup. Hanya, tuturnya, kalau tidak hati-hati maka ini bisa berdampak negatif terhadap Indonesia.

"Bukan saya pesimistis saya ingin menggugah kesadaran bahwa sistem sekarang ini memungkinkan uang kita mengalir ke luar negeri," ujarnya.

Prabowo juga menegaskan bahwa disparitas ekonomi di Indonesia masih terlalu tinggi. Segelintir orang kurang dari 1% menguasai lebih dari setengah kekayaan kita," ujarnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5412 seconds (0.1#10.140)