Swasta Dorong Sektor Ekonomi Kreatif Pengolahan Limbah Kayu

Sabtu, 23 Februari 2019 - 20:14 WIB
Swasta Dorong Sektor Ekonomi Kreatif Pengolahan Limbah Kayu
Swasta Dorong Sektor Ekonomi Kreatif Pengolahan Limbah Kayu
A A A
JAKARTA - Sektor industri memberikan banyak kontribusi dengan terbukanya lapangan kerja yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang terlibat dalam proses produksi dari hulu hingga hilir. Kontribusi dan manfaat yang resiprokal ini juga dilakukan PT Sarihusada Generasi Mahardhika, bersama dengan PT Nutricia Indonesia Sejahtera.

Perusahaan yang merupakan bagian dari Danone Specialized Nutrition ini, memberdayakan masyarakat melalui dukungan dalam program Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Salah satu kegiatannya adalah pengembangan industri ekonomi kreatif pengolahan limbah kayu palet bagi warga yang tinggal di sekitar pabrik Desa Kemudo, Prambanan, Jawa Tengah.

"Perusahaan menginisasi program pemberdayaan ekonomi melalui dukungan kepada BUMDes Kemudo Makmur dan program lainnya di Desa Kemudo dimana pabrik kami berlokasi. Pengolahan limbah palet (kayu) eks pengemasan menjadi kreasi yang bernilai adalah salah satu cara mewujudkan konsep ‘zero waste’ dari bahan-bahan yang purna guna di pabrik kami," kata Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin dalam keterangan persnya, Sabtu (23/2/2019).

Dukungan perusahaan kepada BUMDes Kemudo Makmur merupakan pilar pemberdayaan ekonomi yang bergerak pada sektor ekonomi kreatif level mikro melalui pengolahan limbah industri yang masih memiliki nilai jual. Dalam hal ini, pallet kayu yang sebelumnya digunakan sebagai pengemas bahan baku dapat diolah kembali menjadi berbagai produk furnitur, dekorasi, hingga aksesoris.

"Selain dukungan awal bagi BUMDes Kemudo Makmur, kami juga melakukan pembinaan melalui Omah Tani Srikandi. Kegiatannya antara lain Pengembangan Demplot Integrated Farming, Sekolah Lapang, Kawasan Rumah Pangan Lestari, hingga pengadaan community center Joglo Karangasem yang menjadi usaha angkringan sekaligus pusat kegiatan warga," kata Sumadi, SCR Manager East.

Sumadi menuturkan, sejak tahun 2016, BUMDes Kemudo Makmur berhasil mencatat perputaran dana sebesar total Rp7,7 miliar, membagi deviden kepada 1.589 Kepala Keluarga di Desa Kemudo, dan memberikan lapangan pekerjaan bagi sekitar 10 masyarakat pengrajin pallet Desa Kemudo, tanpa harus berpindah ke kota lain untuk mencari penghidupan.

Lebih lanjut Arif menjelaskan pada 2019, pihaknya akan kembali memberikan dukungan kepada masyarakat bersama dengan Pemerintah Desa Kemudo. "Terkait pengelolaan pallet, kami akan memberikan pelatihan produksi dan pemasaran, membantu proses sertifikasi, serta pengayaan hasil akhir kerajinan palet. Khusus BUMDes, akan dilakukan pendampingan pengelolaan good governance," tuturnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8495 seconds (0.1#10.140)