Loket Lancarkan Ekspansi Bisnis di Semarang

Rabu, 20 Maret 2019 - 02:12 WIB
Loket Lancarkan Ekspansi Bisnis di Semarang
Loket Lancarkan Ekspansi Bisnis di Semarang
A A A
JAKARTA - Loket, layanan teknologi untuk event dan hiburan, terus berekspansi di tahun ini demi menggenjot layanan unggulannya, yaitu platform Loket.com. Ekspansi dengan menggandeng berbagai komunitas di beberapa daerah di Indonesia. Sejak diluncurkan pada Mei 2018 lalu, platform Loket.com berhasil menumbuhkan lebih dari 4.000 Event Creator baru. Dampaknya adalah penyelenggaraan event yang mencapai lebih dari 5.000 event.

VP Consumer Solutions Loket Rama Adrian mengatakan para komunitas dapat menjadi Event Creator lokal yang mampu mendukung industri kreatif daerah mereka. Salah satunya di Kota Semarang yang terkenal sebagai destinasi wisata dengan berbagai aktivitas kreatif yang beragam dari para anggota komunitasnya.

“Layanan teknologi kami akan mendorong Event Creator di daerah untuk meningkatkan pertumbuhan industri kreatif dan juga pariwisata. Kota Semarang dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukkan pertumbuhan positif sebagai kota pariwisata,” ujar Rama di Jakarta.

Dia menjelaskan kota Semarang merupakan salah satu kota dengan tingkat pertumbuhan event tertinggi di Indonesia. Data perseroan menunjukkan bahwa sejak Loket.com diluncurkan di pertengahan tahun lalu, pertumbuhan event di Semarang bersama Loket.com menunjukkan kenaikan secara signifikan hingga 400%.

“Kategori event terbanyak didominasi oleh workshop sebesar hampir 40%, konferensi lebih dari 17%, dan festival umum sebesar hampir 11%. Kemudian, pertumbuhan event tertinggi terlihat di bulan Desember, Februari dan Juli,” jelas Rama.

Lebih lanjut dia menjelaskan data-data tersebut menunjukkan ada peningkatan yang luar biasa. Karena itu perseroan melihat tidak hanya semakin banyak individu dan komunitas kreatif baru yang tumbuh, tetapi gelaran event-event tersebut juga secara langsung turut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di kota Semarang. Dengan semakin banyak event-event kreatif yang digelar juga mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pengunjung ke ibukota provinsi Jawa Tengah ini.

Penyelenggaraan event merupakan salah satu pilar dalam industri kreatif yang memiliki potensi sebagai lokomotif pertumbuhan ekonomi daerah dan juga nasional, dimana seiring dengan kemajuan teknologi informasi menyebabkan semakin banyak masyarakat yang bergantung pada pilar-pilar kreatif ini. “Dalam mendorong pertumbuhan ini, kami sebagai perusahaan teknologi terus melakukan inovasi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para Event Creator dan audiens,” jelas Rama.

Sebagai pionir dalam industri teknologi event dan entertainment, Loket percaya bahwa teknologi adalah milik semua kalangan dan siapapun bisa mendapatkan pengalaman mengelola event terbaik lewat teknologi, tanpa memandang skala event mereka. Hal ini kemudian diwujudkan melalui platform Loket.com, salah satu layanan unggulan Loket yang hadir melalui platform website dimana mengusung konsep self-service.

Marketing Manager Loket.com Jojo Trijoko mengatakan konsep self-service yang diterapkan pada platform Loket.com adalah konsep inovasi Loket yang ditujukan untuk membantu para Event Creator dalam mengelola event mereka secara mandiri. “Konsep ini kami pilih atas pertimbangan karakter target market kami dari kalangan Event Creator dari individu dan komunitas, khususnya kalangan milenial kreatif yang memiliki tingkat adaptasi tinggi terhadap teknologi dan memiliki keterbatasan waktu untuk mengelola event mereka seperti promosi dan penjualan tiket,” jelas Jojo.

Sambung dia menerangkan, bahwa fitur-fitur pada self-service dirancang untuk memberikan pengalaman manajemen event mandiri yang terbaik. Seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online, bahkan analisis data akurat untuk mengoptimasi gelaran event berikutnya.

Selain itu, untuk pertama kalinya event-event pengguna bisa dipromosikan ke jutaan calon pembeli melalui lebih dari sepuluh rekan afiliasi Loket Distribution Partner (LDP), salah satunya GO-TIX yang kini dikelola oleh Loket. Loket.com juga dilengkapi dengan fitur pembayaran yang terintegrasi oleh partner pembayaran dari bank nasional dan internasional termasuk sistem e-payment GO-PAY. “Proses pembelian tiket hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit,” jelas Jojo.

Selain mendorong pertumbuhan industri kreatif dan pariwisata di daerah, Loket juga melihat bahwa pembuatan dan pengelolaan event ini juga menjadi ajang aktualisasi diri para insan kreatif semarang dimana sebagian besar didominasi oleh generasi milenial. Loket menilai bahwa pembuatan dan pengelolaan event dapat menjadi salah satu cara milenial untuk memenuhi kebutuhan akan aktualisasi diri tersebut dengan cara yang menyenangkan dan tentunya menghibur.

Kombinasi eksistensi milenial, komunitas kreatif, dan pemerintah yang suportif sangatlah strategis bagi inisiatif kami mengenalkan layanan Loket.com. "Kami optimistis teknologi platform ini bisa diterima dengan baik dan diharapkan dapat menumbuhkan banyak para event creator baru yang tidak hanya meningkatkan ekonomi Kota Semarang. Tetapi juga kehidupan sosial masyarakat melalui berbagai kegiatan atau event yang membawa dampak positif bagi lingkungan sekitar salah satunya melalui workshop yang merupakan kategori event tertinggi di Semarang," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6699 seconds (0.1#10.140)