Bangun Pabrik Fiber Optik di Kendal, PT MBG Investasi Rp1 Triliun

Kamis, 28 Maret 2019 - 10:06 WIB
Bangun Pabrik Fiber Optik di Kendal, PT MBG Investasi Rp1 Triliun
Bangun Pabrik Fiber Optik di Kendal, PT MBG Investasi Rp1 Triliun
A A A
JAKARTA - PT Maju Bersama Gemilang (MBG) menginvestasikan dana Rp1 triliun untuk pembangunan pabrik fiber optik di Kawasan Industri Kendal (KIK) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Fasilitas MBG akan menjadi Pabrik Fiber Optic Cable System terbesar di Asia Tenggara.

Presiden Direktur PT MBG, Frank Wu, mengemukakan pembangunan pabrik fiber optik sejalan dengan kebijakan pemerintah meningkatkan komponen lokal dalam negeri. Pabrik fiber optik di Kendal tersebut, nantinya akan menghadirkan teknologi terbaru untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik lokal maupun ekspor.

"Peletakan batu pertama pembangunan pabrik fiber optik ini menjadi wujud komitmen kami dalam mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia," ujarnya, dalam keterangan pers, Kamis (28/3/2019).

Menurut Frank, pembangunan pabrik ini menggunakan struktur permodalan lokal, serta menggandeng pihak asing yang telah perpengalaman. Dengan demikian, diharapkan dapat mempercepat transfer teknologi dan pengetahuan.

"Investasi senilai Rp1 triliun ini termasuk dalam bentuk tanah, bangunan, mesin dan teknologi," katanya.

Direktur PT MBG, Akmal Fauzi, menambahkan lokasi pabrik di Kawasan Industri Kendal menempati lahan seluas 6 hektar. Untuk proses pembangunanmya dilakukan secara bertahap, dan diperkirakan akan selesai di akhir tahun 2019 untuk tahap pertama dan dalam jangka waktu 4 tahun ke depan dapat terselesaikan penuh.

"Bangun Pabrik Fiber Optik di Kendal, PT MBG Investasi Rp1 Triliun dapat penyerap 600 tenaga kerja. Adapun kapasitas produksi pabrik PT MBG ini dapat mencapai 10.5 M fKm/tahun. Sedangkan Fiber Optic Cables Land dapat mencapai 6.0 M fKm/tahun, Fiber Optic Cable Submarine dapat mencapai 10.000 km, dan Optical Distribution Network dapat mencapai 4.0 M/tahun," imbuhnya.

Berdasarkan kapasitas produksi yang dihasilkan, lanjutnya, PT MBG akan menjadi Pabrik Fiber Optic Cable System terbesar di Asia Tenggara. Keberadaan pabrik di Kendal ini juga diharapkan dapat memberikan penghematan devisa yang cukup banyak bagi negara, serta mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi, khususnya Submarine Cable.

Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan yang siap untuk memasuki industri 4.0 dan berkembang dalam perekonomian nasional, serta siap bersaing dalam ekonomi global.

Pencapaian perusahaan dalam memproduksi Fiber Optic Cable System, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam program pembangunan infrastruktur oleh pemerintah, sekaligus membuka lapangan kerja baru di daerah Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Kendal.

"Seiring dengan visi dan misinya, kami pun tetap membutuhkan dukungan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah, serta berbagai instansi, asosiasi dan badan-badan terkait lainnya, agar komitmen perusahaan untuk mendukung pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, dapat berjalan dengan baik," tandasnya.

Bupati Kendal, Mirna Annisa, mengemukakan Pemerintah Kabupaten Kendal menyambut baik adanya investasi yang sangat besar oleh PT MBG tersebut. Ia berharap, nantinya para pekerja yang ada bisa diambil dari masyarakat Kendal sendiri.

"Alhamdulillah ada investasi yang besar lagi di Kabupaten Kendal untuk menunjang pertumbuhan perekonomian di Jateng, khususnya Kendal. Mudah-mudahan bisa terealisasi. Kami Pemkab Kendal berharap yang mengisi 70% bisa dari masyarakat Kendal," ujarnya.

Peletakan batu pertama pabrik ini dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah diwakili Kepala Biro Perekonomian Indra Surya, Bupati Kendal Mirna Annisa, perwakilan Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi, didampingi pimpinan perusahaan terkait.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7962 seconds (0.1#10.140)