Hyundai Kona SUV Compact Elegan dengan Harga Menggoda

Senin, 29 April 2019 - 22:24 WIB
Hyundai Kona SUV Compact Elegan dengan Harga Menggoda
Hyundai Kona SUV Compact Elegan dengan Harga Menggoda
A A A
JAKARTA - PT Hyundai Mobil Indonesia resmi memasarkan Hyundai Kona, setelah memperkenalkan pada awal April lalu. Hyundai Kona diluncurkan pada pembukaan gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 yang berlangsung di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

"Mobil ini melengkapi jajaran SUV (Hyundai) yang sudah ada di Indonesia, yaitu Tucson dan Santa Fe," kata President Director PT Hyundai Mobil Indonesia, Mukiat Sutikno.

Ia mengatakan Hyundai Kona masuk dalam segmen SUV-B (medium SUV) yang similar dengan Toyota C-HR dan Mazda CX3. Karena itu, untuk bersaing dengan kedua produk itu, Kona dibekali mesin tipe NU 2.0 L MPi Atkinson bertenaga 147 Hp pada 6200 rpm dan torsi 179.8 Nm pada 4.500 rpm.

"Jadi konsumen yang diincar dengan Hyundai Kona ini bisa dikatakan anak muda atau mereka yang berjiwa muda, kalangan umur 25-35 tahun, lebih ke milenial," ujarnya.

Namun Mukiat menambahkan tidak menutup kemungkinan untuk usia yang lebih tua tetapi berjiwa muda. Kehadiran mobil berjenis SUV Compact ini tentu bisa jadi alternatif lain di kelasnya, mengingat sebelumnya ada Mazda CX-3 dan Honda H-RV.

Hyundai Kona sendiri membawa teknologi mesin 2.000 cc MPI Atkinson dengan menghasilkan 147 tenaga kuda. "Hyundai kona ini bisa dikatakan lebih ke anak muda bahkan yang berjiwa muda, makanya modelnya lebih semi informal. Antara 25-35 lebih ke milenial," lanjut Mukiat.

Untuk keamanan, Hyundai Kona telah dilengkapi 6 Airbags (driver, passanger,front side & curtain), ABS & EBD yang dipadukan dengan lampu emergency stop signal, DBC (Downhill Brake Control), HSAC (Hill-Start Assist Control), ESC (Electronic Speed Controller) serta tire pressure monitoring system.

Bagian interior Hyundai Kona sudah dilengkapi dengan LCD floating, cluster LCD supervision, rear camera, A/C dengan full automatic temperature control, push start button dengan smart keydan immobilizer, steering wheel yang memiliki fungsi tilt dan telescopic serta fungsi audio remocon serta cruise control.

Hanya tersedia satu varian, dengan 5 pilihan warna, Acid Yellow, Dark Knight, Pulse Red, Chalk White, dan Phantom Black. Hyundai Kona dibanderol RP363,9 juta on the road Jakarta.

Nah menariknya, jika dibandingkan dengan kompetitornya, Hyundai Kona memiliki harga yang lebih terjangkau. Dimana kompetitornya seperti Mazda CX-3 dibanderol Rp398,8 juta dan Honda Hr-V Rp400 juta.

Selain itu, salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Hyundai Kona dibandingkan oleh para kompetitornya adalah kapasitas mesin yang lebih besar dibandingkan dengan para kompetitornya.

Sebetulnya, Hyundai Kona ini memiliki tiga varian di negara asalnya, di antaranya 2.000 cc, 1.600 cc turbocharger, dan Electirc Vehicle (EV). Hanya saja, PT. HMI memilih varian mesin 2.000 cc saja yang dijual di Tanah Air.

Hyundai Kona hanya tersedia satu varian dengan beberapa pilihan warna terang dan konvensional, yaitu Acid Yellow, Dark Knight, Pulse Red, Chalk White, dan Phantom Black.

Bukan tanpa alasan Hyundai lebih memilih Kona dengan spesifikasi mesin 2.000 cc untuk hadir di Indonesia. Maklum di negara asalnya, Kona tersedia dalam tiga varian yakni dengan mesin 1.600 cc turbocharger dan satunya lagi berjenis Electric Vehicle (EV).

Dengan hadirnya produk Kona, PT Hyundai Mobil Indonesia menetapkan target penjualan pada 2019 sebanyak 1.800 unit untuk keseluruhan produk roda empat Hyundai. "Tahun lalu target 1.500 unit, jadi ada kenaikan," ungkapnya.
(alf)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4839 seconds (0.1#10.140)