Dukung Pendidikan Vokasi, Astra Bangun Kampus Polman Astra Delta Silicon

Jum'at, 10 Mei 2019 - 22:02 WIB
Dukung Pendidikan Vokasi, Astra Bangun Kampus Polman Astra Delta Silicon
Dukung Pendidikan Vokasi, Astra Bangun Kampus Polman Astra Delta Silicon
A A A
JAKARTA - Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) hari ini melaksanakan groundbreaking pembangunan Kampus Polman Astra Delta Silicon yang berlokasi di Kawasan Industri Delta Silicon II Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pembangunan kampus ini sebagai wujud komitmen Astra untuk memajukan pendidikan vokasi di Indonesia.

Hadir di acara tersebut Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, didampingi oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijiono Sugiarto.

"Kampus Polman Astra di kawasan industri Delta Silicon diharapkan dapat mengembangkan portofolio program baik dari program studi baru maupun sertifikasi kompetensi, seperti Meister di bidang automotif yang baru dijalankan di Polman Astra yang kini menjadi program sertifikasi Jerman Meister pertama di Asia," tutur Prijono dalam keterangan tertulis, Jumat (10/5/2019).

Kampus Polman Astra Delta Silicon akan menjadi kampus pengembangan dari kampus Sunter, Jakarta Utara. Kampus yang dirancang dengan konsep green campus ini akan didirikan di atas tanah seluas 5 hektare dengan total luas bangunan sekitar 47.000 meter persegi. Fasilitasnya terdiri atas ruang pembelajaran, laboratorium, workshop, teaching factory serta asrama untuk mahasiswa baru.

Kapasitas kampus baru diharapkan 4 kali lebih besar dibandingkan kapasitas kampus yang ada saat ini. Dengan kapasitas tersebut, Polman Astra tengah mempersiapkan pengembangan program-program unggulan. Saat ini Polman Astra memliki 6 Program Studi Diploma 3.

Selama lima tahun terakhir, sekitar 60% lulusan Polman Astra telah diserap langsung oleh Grup Astra, sementara sisanya diserap oleh industri lain serta sebagian kecil melanjutkan studi dan membuka usaha.

Keterserapan lulusan oleh industri ini merupakan salah satu cara mendukung program pemerintah melakukan link and match antara kebutuhan industri dan pendidikan tinggi vokasi.

Selain itu, dukungan industri Astra kepada Polman Astra yang tercermin dari aktivitas pembelajaran Dual System yaitu kolaborasi pengembangan kurikulum, pemagangan mahasiswa di industri Astra, dosen industri Astra yang mengajar di Polman Astra, serta dukungan fasilitas pembelajaran praktik.

Sebagai bagian dari pengembangan portofolio program sertifikasi kompetensi, Polman Astra dalam kesempatan ini juga meluncurkan "Astra Automotive Meister Preparation and Certification Program". Dikembangkan bersama dengan Perkumpulan Ekonomi Indonesia Jerman (Ekonid), batch pertama program ini diikuti 10 orang peserta yaitu dari Sales Operations PT Astra International Tbk dan lulusan Polman Astra.

Setiap batch program akan menempuh pembelajaran di Polman Astra selama 10 bulan. Pada kuartal pertama tahun 2020 diharapkan akan menempuh ujian sertifikasi Meister berstandar Jerman yang difasilitasi oleh Ekonid.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6746 seconds (0.1#10.140)