Jokowi Pamer Empat Unicorn Indonesia di Hadapan Insinyur ASEAN

Rabu, 11 September 2019 - 14:24 WIB
Jokowi Pamer Empat Unicorn Indonesia di Hadapan Insinyur ASEAN
Jokowi Pamer Empat Unicorn Indonesia di Hadapan Insinyur ASEAN
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Konferensi Organisasi Insinyur se-ASEAN ke-37 hari ini, yang dihadiri lebih dari 1.000 insinyur se-ASEAN.

Jokowi pun membanggakan empat startup Indonesia yang sukses menjelma menjadi unicorn dan decacorn, yaitu Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Presiden Jokowi mengatakan, di era revolusi industri 4.0 saat ini, negara-negara ASEAN dinilai sukses dalam menerapkan teknologi di industrinya. Hal ini terlihat dari lahirnya 10 startup di ASEAN yang terbilang sukses dan diakui dunia.

"ASEAN terbukti cukup sukses dengan adanya 10 unicorn, dimana dari Indonesia antara lain Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka dan masih banyak lagi," ujar Jokowi di hadapan para insinyur se-ASEAN di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Jokowi menambahkan, negara-negara ASEAN perlu saling membantu untuk menciptakan inovasi-inovasi di bidang teknologi digital. Karena perkembangan teknologi sangat cepat sehingga setiap negara berlomba untuk menjadi yang tercepat.

"Negara-negara ASEAN harus membantu satu sama lainnya. Jadi mendapatkan hasil yang komprehensif yang sama dan lintas negara di ASEAN lebih mudah," kata dia.

Dengan kerja sama yang komprehensif tersebut, diharapkan teknologi dan inovasi yang tercipta dapat mendorong kemajuan industrialisasi. Kerja sama ini berlaku untuk semua sektor mulai dari infrastruktur, bisnis, hingga perdagangan.

"Harus ditingkatkan sehingga negara-negara di ASEAN punya kemampuan yang baik dan saling memberikan pengalaman dan berpengetahuan di era industri dan era revolusi industri," tutur dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6106 seconds (0.1#10.140)