Kemitraan ASEAN dan India Tingkatkan Kerjasama Kesehatan dan Ekonomi Digital

Jum'at, 13 November 2020 - 07:07 WIB
loading...
Kemitraan ASEAN dan India Tingkatkan Kerjasama Kesehatan dan Ekonomi Digital
Presiden Joko Widodo. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa ASEAN dan India dapat memperkuat kerja sama dalam berbagai bidang untuk menghadapi berbagai tantangan di masa mendatang. India dapat menjadi mitra strategis ASEAN dalam penguatan kapasitas medis di kawasan.

Utamanya dalam mengelola atau menangani pandemi di masa ini. Seperti peningkatan kapasitas pembuatan obat dan vaksin, bahan baku obat, hingga penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan.

"Kita harus mendorong akses kesehatan dengan harga terjangkau bagi semua, affordable health care for all," ujarnya saat menyampaikan pidato secara virtual dalam KTT ke-17 ASEAN-India dari Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (12/11/2020).

( )

Selain di bidang kesehatan, kemitraan ASEAN-India dapat diarahkan bagi pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi covid-19. Salah satunya pengembangan ekonomi melalui platform digital. Seperti diketahui India merupakan salah satu negara dengan ekosistem ekonomi digital yang besar dan bertumbuh cepat.

Dia berharap India memperluas kerjasamanya dengan negara-negara ASEAN yang juga tengah mengembangkan potensi ekonomi digital. Kolaborasi terhadap peningkatan keamanan siber dan ranah digital juga sangat dibutuhkan.

"Saya sangat menyambut baik program beasiswa doktoral di Indian Institutes of Technology bagi 1.000 ilmuwan ASEAN, prakarsa Yang Mulia (Perdana Menteri Modi) cetuskan di tahun 2018. Kolaborasi ini dapat terus memperkuat dasar bagi kerja sama digital ASEAN-India," ungkapnya.

( )

Selain itu perluasan perdagangan juga diperlukan untuk pemulihan ekonomi. Dia pun yakin di saat yang tepat India dapat bergabung dengan perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif regional (RCEP) untuk bersama meningkatkan daya saing dan rantai pasok di Indo-Pasifik.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)