Utusan Presiden Xi Jinping Puji Jokowi Terkait Infrastruktur

Sabtu, 21 September 2019 - 09:56 WIB
Utusan Presiden Xi Jinping Puji Jokowi Terkait Infrastruktur
Utusan Presiden Xi Jinping Puji Jokowi Terkait Infrastruktur
A A A
JAKARTA - Penasihat Hubungan Luar Negeri Presiden China Song Tao kemarin bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Bogor, Jawa Barat. Ini merupakan pertemuan kedua kalinya bagi Song Tao dan Presiden Jokowi.

“Yang Mulia, selamat datang. Dan senang sekali pernah bertemu di 2016,” tandas Song. Pada kesempatan itu, Song Tao juga sempat menyampaikan salam dari Presiden Xi Jinping kepada Presiden Jokowi. “Izinkan saya sampaikan salam dari Presiden Xi Jinping. Dan saya gembira sekali, kedua kalinya bertemu dengan Yang Mulia,” ungkap Song.

Song Tao menilai dalam beberapa tahun ini di bawah kepemimpinan Jokowi, Indonesia berkembang dengan bagus dan stabil. Hal ini menurutnya ditunjukkan dari berbagai proyek infrastruktur yang hampir rampung.

“Dan kehidupan rakyat semakin ditingkatkan. Semua berkat prestasi dan kemajuan yang dicatat oleh Indonesia berkat kepemimpinan Presiden Jokowi. Dan sekarang saya melihat, saya mendengar bahwa jalan tol trans Pulau Jawa yang pertama hampir mau rampung. Dan banyak masalah listrik, juga mau diselesaikan,” ujarnya.

Dia mengatakan, sebagai negara sahabat tentu merasa bahagia dengan kemajuan Indonesia. Dia juga menyampaikan ungkapan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai presiden di periode mendatang.

“Kami ingin sampaikan selamat yang setulus-tulusnya kepada Yang Mulia terpilih kembali sebagai presiden. Karena Yang Mulia mendapat dukungan dan sokongan yang tulus dari masyarakat Indonesia. Kami yakin dan kami berharap, di bawah pimpinan Yang Mulia, Indonesia akan mencapai kemajuan dan pembangunan bagus,” ujarnya.

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mengatakan, kedatangan Song Tao ke Tanah Air untuk mengucapkan selamat atas kemenangan Jokowi dalam Pilpres 2019. Dari pertemuan itu disebutkan bahwa Wakil Presiden China Wang Qishan bakal hadir dalam pelantikan Jokowi- Ma’ruf pada 20 Oktober 2019.

“Kedua (negara) ingin menyampaikan komitmen untuk terus meningkatkan hubungan dan kerja sama dengan Indonesia,” ungkap Fachir.

Selanjutnya, baik Presiden Jokowi maupun penasihat Presiden Xi Jinping untuk urusan luar negeri itu juga sepakat untuk terus mengupayakan berbagai macam kerja sama antara lain di bidang perdagangan. Fachir menilai kondisi ekonomi dunia menjadi tantangan bagi kedua negara untuk bersama-sama mengantisipasi dampak negatifnya agar tidak berpengaruh untuk Indonesia-China.

“Secara khusus bidang perdagangan, Presiden berharap impor Tiongkok CPO ditingkatkan dan juga berbagai komoditas lain seperti buah-buahan dan aquatic,” ujarnya. (Dita Angga)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6946 seconds (0.1#10.140)