Literasi Keuangan Rendah, Nelatan dan Masyarakat Pesisir Belum Mengenal Bank

Senin, 14 Oktober 2019 - 03:13 WIB
Literasi Keuangan Rendah, Nelatan dan Masyarakat Pesisir Belum Mengenal Bank
Literasi Keuangan Rendah, Nelatan dan Masyarakat Pesisir Belum Mengenal Bank
A A A
JAKARTA - Angka literasi keuangan sektor kelautan dan perikanan baru mencapai 25-32% atau lebih rendah dari rata-rata nasional yang mencapai 36%. Hal ini mengakibatkan nelayan dan masyarakat pesisir masih belum mengenal bank dengan baik.

"Untuk mengatasi kendala dimaksud, KKP membentuk Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) sebagai Badan Layanan Umum (BLU) bidang permodalan usaha kelautan dan perikanan. Diharapkan peserta gelar kompetisi kewirausahaan dapat memperoleh bantuan modal usaha dari LPMUKP setelah lulus dari satuan pendidikan kelautan dan perikanan," terang Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) Sjarief Widjaja.

Hal ini merupakan tindak lanjut setelah Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Lomba dan Workshop Kewirausahaan Sektor Kelautan dan Perikanan dengan tema ‘Mencetak Generasi Milenial Unggul’. Melalui Lomba dan Workshop ini diharapkan, dapat meningkatkan kuantitas, kualitas, dan kapasitas sumber daya manusia kelautan dan perikanan.

Di samping itu, sumber daya manusia yang dihasilkan diharapkan memiliki karakter unggul dan memiliki kompetensi sehingga menjadi tenaga kerja profesional, memiliki jiwa wirausaha yang kuat, dan berkarakter baik. Dengan demikian dapat menjadi kekuatan bagi pengembangan dunia usaha dan dunia industri kelautan dan perikanan.

"Tantangan di masa depan akan lebih berat. Tantangan-tantangan itu belum tentu dapat dihadapi dengan sekadar pengetahuan dan hard skills yang diperoleh langsung melalui pendidikan akademik. Namun juga diperlukan kompetensi dan keterampilan lain atau soft skill, seperti keterampilan berkomunikasi, berorganisasi, dan kepemimpinan, serta berbagai keterampilan lain. Semua proses kreatif, inovatif, dan proaktif adalah modal besar yang mutlak dimiliki para lulusan untuk berhasil di dunia nyata," jelasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6043 seconds (0.1#10.140)