Beda Fitur Klaster dan Town House

Rabu, 06 November 2019 - 11:02 WIB
Beda Fitur Klaster dan Town House
Beda Fitur Klaster dan Town House
A A A
MESKIPUN terlihat sama dan ditawarkan dengan unit terbatas, town house dan klaster memiliki perbedaan tersendiri, salah satunya desain rumah. Pada dasarnya town house didesain dengan kelas yang lebih elegan dan fasilitas lengkap. Sebab, tipe hunian ini memang diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas.

Sementara hunian berkonsep klaster lebih diperuntukkan bagi semua kalangan dan identik dengan sistem satu pintu (one gate system) yang tertutup dan dipantau pihak keamanan saat masuk.

Hunian klaster dibangun berkelompok dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah serasi dan biasanya dilengkapi pagar pembatas yang tinggi di sekeliling perumahan. Sistem rumah yang digunakan terbuka alias tidak memiliki pagar pembatas antar rumah atau hanya dibatasi tembok beton.

Hunian klaster bisa lebih leluasa untuk Anda utak-atik sesuai desain idaman Anda. Meskipun rumah yang dibeli sudah memiliki arsitektur tersendiri, tidak menutup kemungkinan Anda dapat merenovasi rumah tersebut.

“Salah satu perbedaan yang mencolok dari segi desain membuat town house memiliki kesan yang lebih eksklusif. Biasanya daya tarik dari segi fasilitas selalu dijadikan alat jual para pengembang,” ungkap arsitek Fajar Kresno Murti.

Meski sama-sama ber‎ada disatu kawasan dengan satu gerbang untuk akses masuk dan keluar, town house selalu dirancang dengan unit terbatas dibanding klaster pada umumnya.

“Biasanya unit town house hanya berjumlah puluhan dalam satu kompleks. Sementara perumahan klaster bisa mencapai ratusan unit,” kata Fajar.

Fajar menambahkan, perumahan town house umumnya dilengkapi fasilitas yang lebih banyak atau lebih lengkap daripada klaster. Bila klaster memiliki jogging track , kolam renang bersama, beberapa titik taman bermain anak, atau lapangan basket, town house memiliki gym, multifunction room untuk menggelar pesta, lapangan tenis, bahkan danau buatan.

Sementara dari segi desain, fasad rumah klaster terlihat lebih simpel dan minimalis dibandingkan town house . Bahkan, rumah klaster yang paling mewah masih bisa terlihat lebih mewah desain town house . “Jika rumah klaster maksimal memiliki dua lantai, town house bisa dibangundengan 3-4 lantai dan itu masih bisa ditambah dengan lift pada interior,” ucap Fajar. (Aprilia S Andyna)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3360 seconds (0.1#10.140)