Ini 9 Perusahaan dengan Inovasi Terbaik

Senin, 11 November 2019 - 20:31 WIB
Ini 9 Perusahaan dengan Inovasi Terbaik
Ini 9 Perusahaan dengan Inovasi Terbaik
A A A
JAKARTA - SHIFT Indonesia kembali menggelar Indonesia Operational Excellence Conference And Award atau lebih dikenal dengan OPEXCON 2019, Kamis (7/11). Pada penyelenggaraan kali ini, SHIFT Indonesia mengambil tema “OPEX 4.0 : Process Excellence, People Transformation & Digital Innovation” dan dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Johnny G. Plate.

Menkominfo Johnny yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo untuk membuka acara OPEXCON 2019di Hotel Pullman, Jakarta Barat, menegaskan bahwa gambaran ekonomi Indonesia tidak sesuram seperti gambaran ekonomi global sehingga semua pelaku industri harus optimis menatap ke depan. “Selalu ada opportunity, dan hari ini melalui OPEXCON, kita ingin mengambil peran dan meningkatkan produktivitas baik sebagai bangsa, sebagai korporasi, sebagai kelompok, bahkan sebagai individu. Melalui efisiensi dan efektivitas kita pasti menjadi pemenang,” tegasnya.

Sementara itu, Chairman SHIFT Indonesia Ferdinan Hasiholan dalam sambutannya menyebut misi OPEXCON adalah membantu industri di Indonesia untuk terus memiliki dan meningkatkan daya saing bisnis sehingga mampu menghadapi segala bentuk ancaman dan persaingan yang sulit terprediksi seperti saat ini.

“Melalui OPEXCON, SHIFT Indonesia ingin mengajak seluruh pelaku industri di Indonesia memiliki kesadaran bahwa lanskap industri saat ini sarat dengan perubahan. Perubahan ini terjadi seiring dengan perkembangan era konvensional menuju digital. Karena perubahan ini merupakan suatu keniscayaan, kita sebagai pelaku industri harus memiliki mindset yang terbuka sehingga dapat menangkap peluang yang ada. Diharapkan kegiatan ini bisa memberikan pengalaman baru dan insight baru bagi pelaku industri sehingga industri di Indonesia menjadi lebih berdaya saing”, ungkap Ferdinan.

Adapun tema OPEXCON tahun ini “OPEX 4.0 : Process Excellence, People Transformation & Digital Innovation” sebagai refleksi bersama bahwa untuk menjadi pemenang di era yang penuh kompetisi ini perusahaan harus memiliki kesadaraan yang tinggi dalam aspek keunggulan operasi.

“Pelaku industri saat ini memiliki tiga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, yaitu bagaimana menciptakan proses bisnis yang handal, membangun SDM yang unggul, dan melakukan inovasi secara berkelanjutan. Ketiga aspek ini merupakan critical point bagi perusahaan untuk mencapai keunggulan operasi sehingga mampu sustain dan tentunya menghasilkan profitabilitas bisnis,” katanya.

OPEXCON merupakan acara seminar yang menjadi puncak dari seluruh rangkaian OPEXCON Project Competition 2019, yakni sebuah kompetisi improvement terbesar yang digagas oleh SHIFT Indonesia dan sudah digelar sejak tahun 2012.

Rangkaian acara OPEXCON dimulai dengan sesi Awarding yang diberikan langsung oleh Menteri untuk mengapresiasi perusahaan-perusahaan atas capaian efisiensi yang berhasil mereka dapat melalui program perbaikan proses, mulai dari sektor industri jasa, manufaktur, dan energi.

Sesi ini juga menjadi puncak acara OPEXCON Project Competition 2019 yang para finalist sebelumnya telah melalui proses panjang untuk mendapatkan predikat pemenang dalam kompetisi ini. Kompetisi tahun ini terbagi menjadi dua kategori - pertama, kategori service dan kedua, kategori manufacture & energy.

Siapa saja perusahaan yang menerima penghargaan Gold Achievement, OPEXCON Award 2019 sebagai pelaku “Best Improvement of The Year”. Berikut daftar lengkapnya Kategori Service: PT. Astra International Tbk - Honda (HSO Denpasar), PT. Jalan Tol Seksi Empat, PT. Bank Central Asia Tbk, PT. Waskita Karya (Persero), Tbk.

Kategori Manufacture & Energy: PT. Sajang Heulang (Minamas Plantation), PT. Dua Kelinci, PT. Surya Toto Indonesia, PT. Sarihusada Generasi Mahardika (SGM)- Danone ELN Group, PT. Pembangkitan Jawa Bali UP Muara Tawar.
(alf)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3726 seconds (0.1#10.140)