BCA Edukasi Cinta Budaya Bangsa ke Pelajar Lewat Gelaran Wayang

Rabu, 20 November 2019 - 00:42 WIB
BCA Edukasi Cinta Budaya Bangsa ke Pelajar Lewat Gelaran Wayang
BCA Edukasi Cinta Budaya Bangsa ke Pelajar Lewat Gelaran Wayang
A A A
SEMARANG - Ratusan siswa, guru dan orang tua dari 10 sekolah di Kota/Kabupaten Semarang antusias menikmati gelaran Wayang for Student 2019 di Majapahit Convention, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019).

Dalam gelaran yang diadakan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Bakti BCA bidang budaya, yakni BCA untuk Wayang Indonesia ini mengadakan beragam kegiatan. Di antaranya edukasi wayang, pameran financial literacy, pameran sanggar seni dan budaya, pameran desa binaan, hingga karawitan siswa-siswi Sekolah Dasar.

Sementara untuk pagelaran wayang menampilkan lakon "Gathutkaca Krida" dengan melibatkan 100 pelajar dari 5 sekolah di Semarang.

Wayang for Student 2019 di Semarang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Jumeri bersama dengan Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Kepala Kantor BCA Wilayah II Yandy Ramadhani, dan Direktur Kesenian Kemendikbud Restu Gunawan.

Adapun sekolah yang terlibat dalam Pagelaran Wayang For Student 2019, antara lain SMA Negeri 1 Ungaran, SMA Negeri 2 Ungaran, SMP Negeri 30 Semarang, SMP Maria Mediatrix Semarang dan SMK Negeri Jateng di Semarang.

Para siswa yang tampil dalam pagelaran wayang memiliki bakat dan minat di bidang seni tari, drama, suara dan musik. Mereka berlatih untuk pagelaran Wayang for Student di masing-masing sekolah.

Sebelum pementasan, terdapat program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan BCA dengan tujuan untuk melahirkan generasi muda yang cinta budaya bangsa.

Menurut Executive Vice President CSR BCA, Inge Setiawati, generasi muda saat ini cenderung tumbuh dan berkembang dengan berbagai layanan digital dan pengaruh pop culture yang cukup masif, sementara budaya tradisional Indonesia perlahan dilupakan.

Berangkat dari hal itulah, menjadi pemacu BCA untuk terus memperkenalkan kesenian Indonesia kepada generasi muda melalui kegiatan yang menyenangkan dan edukatif seperti gelaran Wayang for Student.

"Wayang menjadi warisan otentik Indonesia yang memiliki pesan moral dan sudah diwariskan secara turun-temurun dari leluhur kita. Oleh sebab itu, BCA secara konsisten melakukan pengenalan wayang sedari dini kepada anak-anak di Indonesia. Hal ini dapat menjadi sebuah modal yang kuat untuk membentuk karakter generasi muda yang hebat, termasuk pelajar di kota Semarang," terang Inge.

Dia menjelaskan, Wayang for Student merupakan program CSR Bakti BCA sejak tahun 2014, yang menjadi salah satu medium positif untuk anak-anak muda dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Indonesia.

"Secara rutin BCA menyelenggarakan kegiatan positif ini agar semakin banyak siswa-siswi Indonesia mengenal wayang sebagai budaya bangsa,” ucapnya.

Pihaknya berharap kegiatan Wayang for Student ini dapat membangkitkan kecintaan siswa-siswi terhadap seni wayang dan yang terpenting bahwa siswa-siswi mendapatkan nilai positif kehidupan melalui cerita wayang.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5653 seconds (0.1#10.140)