Tren Baru Hunian Berkonsep TOD Jadi Pilihan

Rabu, 20 November 2019 - 07:05 WIB
Tren Baru Hunian Berkonsep TOD Jadi Pilihan
Tren Baru Hunian Berkonsep TOD Jadi Pilihan
A A A
BANYAK pengembang properti berlomba-lomba menawarkan hunian yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, diantaranya lokasi dan aksesibilitas yang terjangkau transportasi umum.

Di Eropa, Jepang, hingga China, hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD) sudah lama dikembangkan. Bahkan, beberapa tahun ini hunian yang terintegrasi dengan stasiun dan pusat gaya hidup serta perkantoran itu menjadi tren.

Di Indonesia, banyak pengembang mengandalkan lokasi dan aksesibilitas karena dekat dengan stasiun kereta rel listrik (KRL) Commuter Line Jabodetabek,khususnya di sekitaran wilayah Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Saat ini membeli hunian dekat dengan sarana transportasi seperti kereta bisa dibilang sebagai pilihan cerdas. Selain lebih mudah dan cepat pergi ketempat kerja, bebas macet, moda transportasi masal ini juga terbilang lebih hemat ongkos.

"Selama ini kita hanya melihat perkembangan kawasan-kawasan hunian yang terintegrasi transportasi masal itu di luar negeri dan animonya sangat tinggi," kata pengamat properti, Ali Tranghada.

Tren hunian yang dekat dengan LRT tengah banyak di cari, selain terjangkau dan kemudahan akses transportasi. Di sisi lain hal ini juga mengurangi stres akibat terjebak macet.

"Konsep hunian yang dekat dengan stasiun atau moda transportasi lain telah menjadi tren di kota-kota besar dunia seperti Singapura, Hongkong, maupun kota Jepang," jelas Ali

Hal senada juga dikatakan oleh pengamat properti Yoana Nusalim, efisiensi waktu untuk memudahkan aktivitas seperti bekerja juga menjadi alasan lain masyarakat mencari rumah dekat stasiun kereta commuter.

"Itu seperti tren pengembang yang liat moment ini. Akses kemudahan, bisa luwes cepat, harga terjangkau ya cocok, makanya makin banyak perumahan dekat daerah stasiun," jelasnya.

Yoana melihat tren hunian di dekat stasiun KRL bakal makin tinggi permintaannya. Kawasan yang diincar pengembang antara lain, Cilebut, Bojonggede, Citayam, Bekasi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1103 seconds (11.210#12.26)