KKP Turut Serta Berantas Stunting

Selasa, 17 Desember 2019 - 23:42 WIB
KKP Turut Serta Berantas Stunting
KKP Turut Serta Berantas Stunting
A A A
JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan turut serta memberantas stunting di Indonesia. Tidak hanya melalui program internal, tapi KKP juga mengajak para ibu yang tergabung sebagai anggota PKK untuk turut serta.

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menilai, stunting adalah masalah besar yang harus dihadapi bersama-sama. Stunting adalah kondisi gizi kronis yang menimpa anak-anak yang kekurangan asupan gizi dalam waktu yang lama. Dia pun ingin masalah stunting ini bisa diberantas secara bersama-sama. "Yang penting satu program besar kita, kita selesaikan masalah stunting ini," katanya pada Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) Tingkat Nasional 2019 di Jakarta.

Edhy menjelaskan, KKP pun akan siap bahu membahu bersama seluruh kementerian di Kabinet Indonesia Maju untuk menyelesaikan stunting ini. Selain itu, katanya, KKP pun siap bekerjasama dengan kepala daerah yang aktif memberantas stunting dengan membuat satu program yang secepatnya bisa direalisasikan bersama.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh ibu-ibu PKK ini, Edhy juga meminta peran serta para ibu PKK untuk turut serta memberantas stunting di daerah masing-masing. Jika ada anak yang ditemukan kurang sehat atau belum bisa berjalan padahal sudah usianya semestinya sudah bisa berjalan, maka bisa dibantu untuk dibawa ke puskesmas atau klinik terdekat. "Saya yakin forum ini bisa menjadi forum bangkit melawan stunting dan kekerdilan," harapnya.

Masalah stunting ini katanya, jika dilihat dari perpsektif yang berbeda ada yang memandang sebagai masalah sederhana ataupun suatu masalah yang besar. Namun dia meyakini jika semua pihak bergerak, termasuk para ibu-ibu PKK, maka Indonesia bisa terbebas dari stunting. "Pergi ke hulu mencari ikan. Menyisir sungai naik ketingting. Ibu-ibu jangan lupa masak ikan. Supaya anak kita terhindar dari stunting," ujarnya berpantun.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8758 seconds (0.1#10.140)