Hutan Kota Plataran, Ikon Baru Jakarta

Kamis, 19 Desember 2019 - 20:38 WIB
Hutan Kota Plataran, Ikon Baru Jakarta
Hutan Kota Plataran, Ikon Baru Jakarta
A A A
JAKARTA - Warga Jakarta dan wisatawan domestik serta manca negara sekarang dapat menikmati tempat yang kosmopolitan unik, eksotik, hijau berbalut kebudayaan dan sejarah Indonesia, serta sekaligus menikmati fasilitas restoran Indonesia kelas dunia di Hutan Kota by Plataran atau yang biasa disebut Hutan Kota Plataran atau Plataran Senayan.

Berlokasi di dalam komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, berdampingan tepat di sebelah lokasi Hutan Kota lainnya yang masih dikelola GBK.

Konsep dasar yang diusung oleh Hutan Kota Plataran adalah 'Sejarah, Alam, Kebudayaan, dan Kejayaan Indonesia' dan menyandang tagline 'Light of Nusantara', di mana sejarah, alam, kebudayaan dan kejayaan Indonesia serta fasilitas kosmopolitan diramu dalam satu tempat yang diharapkan akan menjadi inspirasi warga Jakarta maupun dunia akan kejayaan Indonesia.

Plataran Indonesia merupakan pengelola tempat ini setelah diundang bersama-sama dengan beberapa perusahaan F&B dan hotel terkemuka lainnya, dan melalui proses seleksi ketat yang dilakukan oleh panitia seleksi yang ditunjuk oleh Pusat Pengelolaan Komplek Gelanggang Olahraga Gelora Bung Karno (PPKGBK)/Sekretariat Negara RI yang didampingi oleh Kantor Pengacara Negara, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta untuk melakukan revitalisasi sehingga menjadikannya sebagai tempat yang merefleksikan budaya Indonesia sekaligus tempat yang representatif untuk jamuan bagi masyarakat dan tamu negara dengan makanan Indonesia.

Hutan Kota Plataran sepenuhnya dikonsep, dirancang, di implemasikan dan dioperasikan oleh putera puteri Indonesia dan direvitalisasi dengan menggunakan hampir seluruhnya bahan-bahan yang bersumber dari dalam negeri dan melibatkan banyak UKM dan dibiayai oleh Plataran dan tanpa melibatkan dana pemerintah.

Untuk mengakses tempat ini masyarakat dapat melalui pintu-pintu utama GBK yaitu pintu 5, 7 dan 10 serta menggunakan transportasi publik, termasuk MRT yang berlokasi sangat dekat dengan tempat ini.

Mendatangkan ribuan tanaman serta ahli burung dari Plataran Menjangan Taman Nasional Bali Barat, maka Plataran mengharapkan tempat ini akan menjadi sanctuary bagi burung-burung di Jakarta.

Sebagai salah satu ikon kota Jakarta, maka selain sebagai taman besar tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restauran (MICE) yang representantif, Plataran Tembok Ekspresi, Plataran Putri Dewi Perfomance Deck, Plataran Pet Playground, dan Musala.

Menekankan pada makanan Indonesia otentik yang mencerminkan budaya kebersamaan (sharing food) sebagaimana disiapkan oleh ibu dan nenek kita dan disiapkan oleh team Plataran yang telah memperoleh berbagai penghargaan nasional maupun dunia seperti Tripadvisor, Top 40 Jakarta’s Best Eats oleh Majalah Foodies, Best Indonesian Restaurant oleh Indonesia Tatler, dan Best Indonesian and Asian Restaurant dari Now Jakarta Best Restaurant Award, maka tempat ini diharapkan akan menjadi panggung makanan Indonesia yang representatif untuk merayakan keanekaragaman kuliner dari berbagai tempat di Indonesia.

Plataran Indonesia merupakan perusahaan hospitality Indonesia yang didirikan, dimotori dan dijalankan oleh seluruhnya putra-putri Indonesia. Selain dibidang Food & Beverages, Plataran telah mendapat berbagai penghargaan baik ditingkat nasional maupun internasional (termasuk United Nations) khususnya dibidang ekowisata dan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development).

Plataran Indonesia didirikan pada 2009 dan mengusung visi For Indonesia and Indonesians' serta menaungi berbagai unit usaha pariwisata seperti hotel, resor, kapal pesiar, spa, restoran, venue serta nature development area dengan lokasi berbasis di berbagai tempat eksotis di Indonesia. Makna arti kata 'Plataran' sendiri berarti 'tempat yang paling disukai Tuhan'.

Konsep dasar pariwisata Plataran meliputi tiga X yaitu: eXoticism, eXperience dan eXcellence dengan penekanan pada the True Indonesian Icon.
(atk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4391 seconds (0.1#10.140)