Marketing Outlook 2020 (1): The 3 Market MEGASHIFTS

loading...
Marketing Outlook 2020 (1): The 3 Market MEGASHIFTS
Marketing Outlook 2020 (1): The 3 Market MEGASHIFTS
Selama tiga minggu ini saya akan menguraikan kajian akhir tahun Inventure mengenai Marketing Outlook 2020. Tulisannya akan terbagi menjadi tiga bagian.

Pertama adalah “The 3 Market MEGASHIFT”mengenai tiga kekuatan dahsyat yang mendisrupsi pasar Indonesia. Kedua, “The FALL & the RISE of the 10 Industries” mengenai industri-industri yang porak-poranda oleh tiga kekuatan disrupsi diatas. Dan ketiga, “The 7 LEAP Strategies” mengenai strategi untuk sukses di era MEGASHIFT.

Tiga Disrupsi
Ada tiga kekuatan disruptif yang mengobrak-abrik pasar Indonesia di mana pasar lama (old normal) dirusak menjadi “disruptive normal” dan akhirnya membentuk keseimbangan baru (new normal) yang sama sekali berbeda dengan sebelumnya.

Tiga disrupsi tersebut adalah: disrupsi digital (digital disruption), disrupsi milenial (millennial disruption), dan disrupsi leiser (leisuredisruption).



Disrupsi digital adalahdisrupsi yang diakibatkan oleh perubahan teknologi dari berbasis fisik (atoms) ke digital (bits).

Disrupsi ini didorong olehlahirnya model-model bisnis baru berbasis digital yang menghasilkan kinerja “better, faster, cheaper 10X” dari model bisnis sebelumnya. Kinerja eksponensial ini terutama tercipta karena adanya “nearzero marginal cost” dari teknologi berbasis bits.

Disrupsi milenial terjadi karena adanya pergeseran demografis/psikografis yang muncul karena adanya pergantian generasi dari Baby Boomers/Gen-X ke milenial. Transisi ini menghasilkan perubahan tata nilai, perilaku,preferensi konsumen yang ekstrim.



Saya menguraikan secara ditel disrupsi model kedua ini dalam buku terbaru Millennials KILL Everything (2019) dimana saya mengidentifikasi ada 50produk, bisnis, industri yang tidak relevan lagi karena adanya perubahan tata nilai, perilaku, dan preferensi milenial ini.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top