Mobil Pedesaan AMMDes Dilirik Pengusaha Kaya Afrika

Senin, 06 Januari 2020 - 21:17 WIB
Mobil Pedesaan AMMDes Dilirik Pengusaha Kaya Afrika
Mobil Pedesaan AMMDes Dilirik Pengusaha Kaya Afrika
A A A
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, mobil pedesaan buatan Indonesia yaitu Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) dilirik oleh pengusaha asal Nigeria yakni Aliko Dangote. Disebutkan Dangote yang merupakan orang terkaya urutan kelima di Afrika telah melakukan tahapan negosiasi awal untuk memboyong mobil AMMDes ke negaranya.

"Jadi, ini (mobil AMMDes) multifungsi, bisa dipakai, fungsinya macam-macam. Kami sedang melakukan negosiasi dengan beberapa pihak, khususnya yang sangat tertarik untuk impor AMMDes yakni dari Nigeria," ujar Menperin Agus Gumiwang di Jakarta, Senin (6/1/2020).

Sambung Agus menambahkan, mobil AMMDes ini hampir keseluruhan menggunakan komponen dalam negeri (TKDN). "AMMDes ini hampir 100% semuanya gunakan komponen lokal, dan ini kami terus kejar marketnya untuk bisa dijual ke negara lain di luar Indonesia," paparnya.

Tidak hanya kepada investor asing, politikus Partai Golkar ini juga mengajak pelaku usaha dalam negeri untuk pengadaan mobil AMMDes. Agus mengaku akan berkomunikasi dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk pengadaan Mobil AMMDes ini. Pasalnya, mobil pedesaan ini dapat digunakan untuk penanganan bencana di Tanah Air.

"Jadi teman-teman Kemensos akan kami lobi untuk beli AMMDes untuk dikembangkan jadi kendaraan dapur umum bencana misalnya. AMMDes sangat bisa, kendaraan untuk tangki air bencana juga bisa," terang Menperin.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7698 seconds (0.1#10.140)