Kemenperin Apresiasi Kontribusi AMMDes Tekan Penyebaran Covid-19

Selasa, 17 November 2020 - 01:40 WIB
loading...
Kemenperin Apresiasi Kontribusi AMMDes Tekan Penyebaran Covid-19
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung penuh upaya perusahaan industri yang melakukan pencegahan penyebaran virus Corona , baik di dalam maupun luar lingkungan kerja. Pencegahan ini sejalan dengan penerapan Surat Edaran Menteri Perindustrian No. 697 Tahun 2020 tentang Kewajiban Penerapan Protokol Kesehatan.

“Langkah implementasi protokol kesehatan ini dipercaya dapat meningkatkan produktivitas para pekerja karena lingkungannya yang terjaga. Jadi, akan lebih memacu daya saing perusahaan,” kata Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier di Jakarta, Senin (16/11/2020). ( Baca juga:Kemenperin Dorong Stranas Kecerdasan Artifisial Sejalan Kebijakan Industri Nasional )

Dirjen ILMATE memberikan apresiasi kepada PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) yang aktif menjalin kerja sama dengan Kemenperin untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sekitar lingkungan perusahaan KMWI dengan menggunakan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes). Sterilisasi ini mencakup enam lingkungan rukun warga (RW) yang meliputi lebih dari 5.500 penduduk di Desa Karang Asam Timur, Kecamatan Citeureup, Bogor, Jawa Barat.

“Kami bangga terhadap AMMDes selaku karya anak bangsa ini yang memiliki beragam fungsi, hingga mampu membuat aplikasi yang dapat dimanfaatkan dalam upaya penanganan penyebaran Covid-19,” tuturnya.

AMMDes yang digunakan sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan tersebut adalah pengembangan dari unit water tank, yang dilengkapi dengan tangki berkapasitas 600 liter.

Taufiek menegaskan, pihaknya aktif mendorong pengembangan AMMDes yang bisa dimanfaatkan di berbagai daerah sesuai kebutuhan saat ini. Misalnya ikut berkontribusi membantu pemerintah dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus Corona di dalam negeri.

“Jadi, memang dibutuhkan kegiatan riset terus-menerus sehingga bisa menghasilkan inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau pelaku industri kita. Tujuan utamanya adalah pemerataan ekonomi dan pembangunan di daerah, serta meningkatkan produktivitas masyarakat dan pelaku usaha,” paparnya. ( Baca juga:Dinilai Gagal Cegah Kerumunan, Banser Jabar Ancam Dorong Proses Hukum Emil )

Sebab, di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini, pelaku industri dituntut agar bisa lebih efisien dalam proses produksinya. Untuk itu, AMMDes diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kemudahan bagi pelaku industri di Tanah Air dalam menghadapi era adaptasi kebiasaan baru sebagai imbas pandemi.

“Kami optimistis, AMMDes mampu menjawab persoalan itu karena alat multifungsi ini menjangkau daerah-daerah yang sulit dilalui dengan kendaraan besar,” tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)