Pelabuhan Benoa Akan Berkelas Dunia, Menteri BUMN Ungkap Rencana Pengembangan

Jum'at, 17 Januari 2020 - 01:12 WIB
Pelabuhan Benoa Akan Berkelas Dunia, Menteri BUMN Ungkap Rencana Pengembangan
Pelabuhan Benoa Akan Berkelas Dunia, Menteri BUMN Ungkap Rencana Pengembangan
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memaparkan rencana pengembangan pelabuhan Benoa menjadi world class port yang memadukan layanan jasa pelabuhan dan bisnis serta pariwisata. Hal ini agar pelabuhan yang dikelola BUMN ini akan terus meningkat

"Nantinya Benoa menjadi one stop area yang dilengkapi dengan pusat kesenian, wisata kuliner dan pusat perdagangan UMKM," ujar Menteri BUMN Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (16/1).

Lebih lanjut Ia menerangkan, Pelabuhan Benoa memiliki area hutan kota, juga dilengkapi terminal energi, industri perikanan dan instalasi pengelolaan air limbah. Tak ketinggalan penataan jalur nelayan dan tempat sandar kapal-kapal nelayan.

"Kita ingin agar pelabuhan ini juga mempunyai convention hall, pusat perdagangan dan lainnya. Sehingga kapal-kapal pesiar besar yang sandar, bila waktu singgahnya hanya sebentar, mereka tetap bisa belanja dan juga menikmati kuliner," jelasnya.

Menteri BUMN Erick Thohir meminta Pelindo untuk melakukan survei guna mengetahui dukungan apa yang dibutuhkan oleh para wisatawan yang datang, berapa jumlah wisatawan yang menunggu di Benoa dan berapa jumlah wisatawan yang berkunjung ke pusat-pusat wisata lainnya.

"Pelindo harus membuat nilai tambah untuk masyarakat, misalnya dengan menjadikan tempat datang kapal pesiar sebagai tempat pertunjukan budaya lokal dan wisata fotografi. Sehingga semua yang dibuat ini bisa dioptimalkan dan tepat sasaran," papar Erick.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5374 seconds (0.1#10.140)