Agar Pelanggan Loyal, Simak 6 Tren Customer Experience 2020

Jum'at, 24 Januari 2020 - 06:07 WIB
Agar Pelanggan Loyal, Simak 6 Tren Customer Experience 2020
Agar Pelanggan Loyal, Simak 6 Tren Customer Experience 2020
A A A
JAKARTA - Produk berkualitas dan layanan prima menjadi kunci keberhasilan perusahaan atau produsen dalam mendapatkan perhatian konsumen. Namun, di era persaingan bisnis yang makin ketat, dua hal itu saja tidaklah cukup.

Pengalaman pelanggan (customer experience) menjadi hal yang perlu mendapat perhatian serius agar pelanggan tidak kabur. Saat ini, konsumen membutuhkan proses interaksi yang mudah dan menarik. Tanpa hal tersebut, sebuah perusahaan tinggal menunggu waktu untuk jatuh.

“Ketika sebuah bisnis menempatkan customer experience sebagai prioritas utama dan membuat konsumen merasa didengar dan dihargai, mereka akan dapat menikmati keuntungan yang berlipat. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen, dan ini merupakan sebuah indikator yang baik bahwa bisnisnya dapat semakin bertumbuh,” kata Rajiv Lamba, CEO SurveySensum yang merupakan perusahaan startup asal Indonesia yang bergerak di bidang Al-Enabled Customer Experience Management Platform.

Belum lama ini SurveySensum merilis laporan bertajuk Customer Experience Trends Report 2020 yang didasarkan pada penelitian kepada 1000 konsumen terhadap 25 kategori dan 300 merek di Indonesia.

Hasil penelitian SurveySensum menunjukkan betapa pentingnya bagi perusahaan untuk memiliki interaksi yang baik dengan konsumen, selain proses transaksi yang terjadi.

Konsumen saat ini ingin mendapatkan pengalaman yang menyeluruh, dan mudah dilakukan. Mereka juga membutuhkan edukasi mengenai produk atau layanan yang mereka terima, dan apa relevansinya untuk kehidupan pribadi mereka.

Perusahaan yang dapat memahami konsumen mereka, dan memanfaatkan perkembangan digital/teknologi, dan analitik, dapat memperoleh kesempatan untuk mendekatkan diri dengan konsumen dalam hubungan personal yang lebih baik. Pada akhirnya hal ini dapat meningkatkan jumlah konsumen dan loyalitas mereka.

Berikut ini rincian dari 6 tren layanan pelanggan 2020 yang harus diketahui setiap perusahaan di Indonesia untuk memperkuat strategi customer experience yang positif.

1. Customer Experience sebagai Diferensiasi yang Kompetitif

Menurut sebuah studi, 67% konsumen beralih merek bukan karena harga atau fitur dari sebuah produk tertentu, tetapi karena pengalaman kurang baik yang didapatkan konsumen.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1436 seconds (10.101#12.26)