Besok Ribuan Buruh Gelar Protes RUU Omnibus Law Ketenagakerjaan

Selasa, 11 Februari 2020 - 18:15 WIB
Besok Ribuan Buruh Gelar Protes RUU Omnibus Law Ketenagakerjaan
Besok Ribuan Buruh Gelar Protes RUU Omnibus Law Ketenagakerjaan
A A A
JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea memastikan puluhan ribu buruh akan melakukan aksi demonstrasi di Gedung DPR, pada Rabu (12/2/2020). Demonstrasi tersebut sebagai bentuk protes atas rancangan Undang-Undang Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

Meski melakukan aksi demostrasi, Andi Gani menjamin aksi buruh akan berlangsung dengan tertib dan damai. Dia memastikan hal tersebut usai berkoordinasi bersama pihak Kapolda Metro Jaya.

"Saya sudah menginstruksikan seluruh jajaran KSPSI untuk menjaga aksi besar ini berjalan aman dan damai. Kami juga bekerjasama dengan pihak Kepolisian untuk mengantisipasi penyusup dan pihak-pihak tidak bertanggungjawab," kata dia di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Aksi buruh akan diawali dengan longmarch dari depan TVRI menuju gedung DPR. Rencananya KSPSI juga akan diterima pimpinan DPR. "Sikap kami jelas. Kalau omnibus law mereduksi atau mengurangi kesejahteraan buruh. Kami akan tolak habis-habisan. Kami meminta unsur buruh masuk dalam tim pembahasan omnibus law karena sejak awal, unsur buruh tidak pernah diajak bicara sehingga banyak rumor tidak jelas soal omnibus law," tegasnya.

Hingga kini, Andi Gani mengaku belum memiliki draf RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja yang diajukan oleh pemerintah kepada DPR. Dia menyesalkan sikap kementerian terkait yang tidak pernah melibatkan buruh dalam penyusunan draft RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja dan lebih banyak melibatkan pengusaha.KSPSI sendiri, jelas dia, akan membawa beberapa tuntutan ke DPR. Pertama, unsur buruh harus masuk ke dalam tim pembahasan perumus RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja, bukan hanya sebagai pendengar. Kedua, jangan sampai aturan ini justru merugikan bagi buruh.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4727 seconds (0.1#10.140)