Erick Sindir Perusahaan BUMN Jangan Menjadi Palugada

Rabu, 12 Februari 2020 - 22:58 WIB
Erick Sindir Perusahaan BUMN Jangan Menjadi Palugada
Erick Sindir Perusahaan BUMN Jangan Menjadi Palugada
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyoroti model bisnis perusahaan-perusahaan BUMN. Ia menegaskan bakal mengkaji ulang keberadaan bisnis perguruan tinggi di perusahaan pelat merah. Menurut dia, bisnis perguruan tinggi bukanlah fokus bidang BUMN.

"Saya tidak mau BUMN menjadi palugada (apa lu mau, gua ada). Maka itu, saya sedang mengkaji apa benar BUMN memerlukan universitas? Wong, bersaing di bisnisnya saja, belum tentu mampu bertahan. Apalagi menjalankan sesuatu yang bukan bidangnya," tekan Erick di Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Terkait bisnis perguruan tinggi yang sudah ada di BUMN saat ini, Erick akan mensinergikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, daripada BUMN ikut-ikutan berkompetisi di bidang pendidikan.

Nantinya, Kementerian BUMN akan memasukkan bisnis perguruan tinggi yang dimiliki perusahaan BUMN ke Kemendikbud. Saat ini, terdapat beberapa perusahaan BUMN yang memiliki usaha perguruan tinggi, seperti Universitas Pertamina, Telkom University, ITT Surabaya, STIMLOG, Poltekpos, Universitas Internasional Semen Indonesia, STT-PLN, dan BRI Institute.

Erick menekankan sebaiknya BUMN terlibat dalam penciptaan lapangan kerja. "Karena berapa pun jumlahBUMN dalam penyerapan tenaga kerja ya segitu-gitu saja. Kalau bisa terus menelurkan entrepeneur, kita harapkan pembukaan lapangan kerja," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5012 seconds (0.1#10.140)